PENETAPAN HARGA AYAM POTONG OLEH BROKER MENURUT HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI PADA PARA BROKER DI KECAMATAN TARUB KABUPATEN TEGAL)

Muhammad, Mukhlish (2023) PENETAPAN HARGA AYAM POTONG OLEH BROKER MENURUT HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI PADA PARA BROKER DI KECAMATAN TARUB KABUPATEN TEGAL). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD MUKHLISH _ PENETAPAN HARGA AYAM POTONG OLEH BROKER MENURUT HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Pada Para Broker Di Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Broker ayam potong merupakan sebuah jasa yang didirika secara mandiri, bertujuan untuk meringankan dan mempermudah tugas para peternak ayam potong. Yang mana tugas broker itu sendiri sebagai rantai penjualan, selain sebagai rantai penjualan broker ayam potong juga sebagai penyedia bahan untuk para peternak ayam potong dengancatatan peternak ayam potong harus menjalin kerjasama dengan broker ayam tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses penetapan harga ayam oleh broker ayam potong dengan menggunakan pendekatan hukum ekonomi syariah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif serta penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis dengan metode penelitian hukum empiris yang berfokus pada Hukum Ekonomi Syari'ah. Untuk penelitian ini, data yang digunakan terbagi menjadi dua jenis, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan penjual dan pembeli salak, sementara data sekunder diperoleh dari buku atau referensi terkait. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, dilakukan analisis deskriptif guna mengolah data-data tersebut. Hasil pnelitian kali ini menunjukan bahwa. Dari hasil panen ayam potong terkadang menjadi sebuah keuntungan jika hasil ketika masa panen harga ayam sedang tinggi, sedangkan ketika masa panen harga ayam sedang jatuh peternak ayam potong merasa kurang puas dengan hasil tersebut. Praktik jual beli ayam potong di Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal, berdasarkan pandangan hukum ekonomi syariah, telah memenuhi syarat. Tetapi jika ketidak sesuaian terjadi dalam penetapan harga ayam potong oleh broker dikarenakan broker menentukan harga diawal, serta haga ayam potong yang tidak stabil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Broker, Penetapan harga menurut Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Mukhlish sdr
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:50
Last Modified: 19 Jun 2023 03:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19689

Actions (login required)

View Item View Item