STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN MUTU PENDIDIKAN DI MI AL ITTIHAAD PASIR KIDUL KABUPATEN BANYUMAS

Vina, Noviyanti (2023) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN MUTU PENDIDIKAN DI MI AL ITTIHAAD PASIR KIDUL KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Vina Noviyanti - Strategi Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan di MI Al Ittihaad Pasir Kidul Kabupaten Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Strategi Kepala Madrasah merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Strategi Kepala Madrasah yang tepat sangat dituntut untuk melakukan suatu perubahan guna untuk mengembangkan mutu pendidikan di madrasah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Strategi Kepala Madrasah yang diterapkan di MI Al Ittihaad Pasir Kidul dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, Observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: dengan cara meningkatkan profesionalisme guru, mengikuti perkembangan zaman, menigkatkan prestasi siswa, dan meningkatkan sarana dan prasarana di MI Al Ittihaad. Kepala Madrasah memainkan peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Mutu pendidikan diukur dari input, proses, dan output. Input diukur berdasarkan kriteria penerimaan siswa, sedangkan kualitas proses meliputi faktor-faktor seperti manajemen, standar pembelajaran, fasilitas, dan proses belajar mengajar. Kualitas output diukur dari hasil proses pendidikan atau penerimaan lulusan ke dalam bidang tertentu. Kepala Madrasah MI Al Ittihaad Pasir Kidul berencana untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui input yang maksimal diarahkan oleh pendidik profesional, proses pengajaran yang berkualitas, dan pengembangan guru profesional. Strategi tersebut antara lain merencanakan program pendidikan yang mengacu pada 8 standar pendidikan, meningkatkan profesionalisme guru, memberikan bimbingan khusus bagi siswa berprestasi, melakukan pembinaan dan pengembangan guru, serta menjalin kemitraan dengan pemangku kepentingan terkait seperti DUDI, lembaga pendidikan, puskesmas, dan masyarakat setempat. Kata Kunci: Strategi, Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Vina Noviyanti sdri
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:38
Last Modified: 19 Jun 2023 03:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19678

Actions (login required)

View Item View Item