STRATEGI HOME INDUSTRY BATU BATA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA (Studi Kasus pada Home Industry Batu Bata Adem Ayem Super di Desa Adipala Kabupaten Cilacap)

Risma Galuh, Pamularsih (2023) STRATEGI HOME INDUSTRY BATU BATA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA (Studi Kasus pada Home Industry Batu Bata Adem Ayem Super di Desa Adipala Kabupaten Cilacap). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Risma Galuh Pamularsih_Strategi Home Industry Batu Bata dalam Mempertahankan Eksistensinya (Studi Kasus Pada Home Industry Batu Bata Adem Ayem Super di Desa Adipala Kabupaten Cilacap).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Desa Adipala merupakan desa dengan jumlah home industry batu bata terbanyak dibandingkan dengan desa lainnya. Salah satu home industry batu bata yang ada di Desa Adipala adalah home industry batu bata Adem Ayem Super yang sudah berdiri sejak tahun 1970. Home industry batu bata Adem Ayem Super terancam eksistensinya yang disebabkan oleh faktor dari dalam dan dari luar home industry. Selain itu, adanya pandemi covid-19 juga memberikan pengaruh langsung terhadap penurunan eksistensi home industry batu bata Adem Ayem Super. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis strategi yang digunakan home industry batu bata Adem Ayem Super dalam mempertahankan eksistensinya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif model melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa keadaan yang mengancam eksistensi home industry batu bata Adem Ayem Super. Namun, untuk menghadapi keadaan tersebut home industry batu bata Adem Ayem Super melalukan beberapa strategi yaitu strategi korporasi, strategi bisnis, dan strategi fungsional. Berdasarkan Perspektif ekonomi Islam, strategi yang dilakukan oleh home industry batu bata Adem Ayem Super sebagian besar sesuai dengan prinsip ekonomi Islam, namun terdapat satu strategi yang tidak sesuai dengan ekonomi Islam yaitu pada strategi finansial dengan memperoleh modal dari bank konvensional di mana terdapat unsur riba di dalamnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: home industry batu bata, strategi, eksistensi, covid-19,
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Risma Galuh Pamularsih sdri
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:17
Last Modified: 20 Jun 2023 03:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19664

Actions (login required)

View Item View Item