PENERAPAN PP NO. 29 TAHUN 1980 TENTANG PELAKSANAAN SUMBANGAN DAN PERANNYA DALAM KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI PADA YAYASAN DOMPET DHUAFA UNIT CABANG PURWOKERTO)

Mediana, Resta Arum (2023) PENERAPAN PP NO. 29 TAHUN 1980 TENTANG PELAKSANAAN SUMBANGAN DAN PERANNYA DALAM KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI PADA YAYASAN DOMPET DHUAFA UNIT CABANG PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSII-MEDIANA RESTA ARUM.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Filantropi merupakan kegiatan berderma dalam islam dikenal sebagai kegiatan berzakat, berinfaq, bershadaqah, serta berwaqaf. Filantropi sendiri di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1961 tentang Pengumpulan Uang atau Barang dan didukung dengan PP Nomor 29 Tahun 1980 tentang Pelaksanan Pengumpulan Sumbangan. Namun regulasi yang saat ini mengatur tentang jalannya filantropi, khususnya di Indonesia kini dianggap sudah tidak relavan dengan perkembangan zaman dan masyarakat sementara filantropi merupakan salah satu solusi yang efektif dalam perkembangan Kesejahteraan Masayarakat. Maka akan lebih baik apabila Pembaharuan regulasi dilakukan guna kebaikan dan kebermanfaatan bersma. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Metode Penelitian Kualitatif atau penelitian yang langsung dilakukan dilapangan. Peneliti juga menggunakan pendekatan Yuridis Normative dan Empiris dalam melakukan penelitian. Peneliti mendapatkan data dengan menggunakan sumber data primer dan skunder. Wawancara, obserasi, serta dokumentasi menjadi data yang peniliti gunakan dengan beberapa literature seperti buku, hasil penelitian atau jurnal. Kesimpulannya adalah bahwa regulasi yang saat ini berlaku akan lebih baik dan memiliki kekuatan yang jelas dan pasti apabila dilakukan pembaharuan agar filantropi senantiasa dapat menajdi solusi bagi peningkatan kesejahteraan masysarakat. Kata kunci: filantropi, kesejahteran masyarakat, PP No.29 Tahun 1980

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: filantropi, kesejahteran masyarakat, PP No.29 Tahun 1980
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases > 348.598 Law of Indonesia (UU, Peraturan di Indonesia)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Mediana Resta Arum sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:18
Last Modified: 28 Jul 2023 06:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19660

Actions (login required)

View Item View Item