Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Pembelajaran Maharah Al-Kalam Siswa Kelas VIII MTs Al-Masruriyah Baturraden Kabupaten Banyumas

Fatmawati, Fatmawati (2023) Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Pembelajaran Maharah Al-Kalam Siswa Kelas VIII MTs Al-Masruriyah Baturraden Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fatmawati_Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Pembelajaran Maharah Al-Kalam Siswa Kelas VIII MTs Al-Masruriyah Baturraden Kabupaten Banyumas.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh metode scramble terhadap hasil pembelajaran maharah al-kalam siswa kelas VIII MTs Al-Masruriyah Baturraden Kabupaten Banyumas. Jumlah siswa yang diteliti pada kelas eksperimen adalah 21 siswa dan pada kelas kontrol 22 siswa. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Quasi eksperimen. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Masruriyah Baturraden. Sampel yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, dimana dipilih atas pertimbangan jumlah siswa yang hampir sama dan kemampuan siswa relatif sama dilihat dari nilai-nilai rata-rata siswa. Hasil penelitian ini dapat dilihat darii nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen sebesar 87.86 lebih besar dari rata-rata post-test pada kelas kontrol sebesar 84,52. Untuk itu dilakukan analisis statistik melalui analisis One Sample Kolmogorov Smirnov Test. Hal tersebut menunjukkan terdapat pengaruh metode scramble terhadap hasil pembelajaran maharah kalam. Dengan demikian, penggunaan metode scramble terhadap hasil pembelajaran maharah kalam lebih efektif dibandingkan pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Al-Masruriyah Baturraden. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Pembelajaran Maharah Al-Kalam Siswa Kelas VIII MTs Al-Masruriyah Baturraden Kabupaten Banyumas. Kata Kunci: pengaruh metode scramble, hasil belajar, maharah al-kalam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengaruh metode scramble, hasil belajar, maharah al-kalam
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: FATMAWATI FATMAWATI sdri
Date Deposited: 16 Jun 2023 06:56
Last Modified: 16 Jun 2023 06:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19657

Actions (login required)

View Item View Item