ANALISIS KECERDASAN MAJEMUK PADA ANAK USIA SEKOLAH DALAM FILM LIMA ELANG DAN RELEVANSINYA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Rinda, Tri Wahyuningsih (2023) ANALISIS KECERDASAN MAJEMUK PADA ANAK USIA SEKOLAH DALAM FILM LIMA ELANG DAN RELEVANSINYA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RINDA TRI WAHYUNINGSIH_ANALISIS KECERDASAN MAJEMUK PADA ANAK USIA SEKOLAH DALAM FILM LIMA ELANG DAN RELEVANSINYA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kecerdasan majemuk pada anak usia sekolah dalam film Lima Elang dan relevansinya dengan metode pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dimana data penelitian ini diperoleh dari analisis dokumen berupa film. Dalam hal ini peneliti melakukan analisis mengenai kecerdasan majemuk yang ada pada tokoh film Lima Elang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis konten yang dilakukan dengan cara mengidentifikasi atau memilah data-data yang diperoleh untuk kemudian diambil yang sesuai dengan topik penelitian. Setelah diperoleh data dari analisis film, selanjutnya peneliti melakukan analisis keterkaitan antara kecerdasan majemuk dengan metode pembelajaran di sekolah dasar. Data penelitian ini menghasilkan deskripsi sebagai berikut. Kecerdasan majemuk pada anak yang ada dalam film Lima Elang yaitu kecerdasan matematis-logis, berupa keahlian yang dimiliki Baron seperti bisa memperbaiki bel dan menyelesaikan teka-teki angka. Kecerdasan kinestetik, berupa kecakapan para anggota pramuka dalam berbagai perlombaan fisik. Kecerdasan interpersonal, berupa sikap Rusdi yang pandai bergaul dan sikap Baron yang peduli pada orang lain. Kecerdasan naturalis, berupa keahlian Baron membaca tanda-tanda alam untuk menentukan arah mata angin. Dan kecerdasan linguistik berupa kebiasaan Rusdi menulis jurnal harian. Adanya berbagai cabang kecerdasan yang ditemukan dalam film tersebut menggambarkan bahwa setiap anak memiliki karakteristik kecerdasan yang berbeda-beda. Relevansinya dengan metode pembelajaran di sekolah dasar yaitu dalam proses pembelajaran dimana dalam satu kelas terdapat berbagai macam karakteristik kecerdasan yang dimiliki peserta didik, penerapan metode pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk sangat cocok untuk diterapkan karena metode tersebut lebih variatif dan dapat menstimulasi berbagai sisi karakteristik kecerdasan sehingga anak tidak mudah merasa jenuh dan proses pembelajaran menjadi lebih menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Film Lima Elang, Kecerdasan Majemuk, Metode Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.5 Creative Arts for Elementary Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rinda Tri Wahyuningsih sdri
Date Deposited: 16 Jun 2023 06:54
Last Modified: 16 Jun 2023 06:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19656

Actions (login required)

View Item View Item