MODEL EVALUASI COUNTANCE STAKE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP IT RUHUL JADID KECAMATAN TIGARAKSA KABUPATEN TANGERANG

ALLIYAH WULAN, TSABITA (2023) MODEL EVALUASI COUNTANCE STAKE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP IT RUHUL JADID KECAMATAN TIGARAKSA KABUPATEN TANGERANG. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
ALLIYAH WULAN TSABITA_MODEL EVALUASI COUNTANCE STAKE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP IT RUHUL JADID KECAMATAN TIGARAKSA KABUPATEN TANGERANG.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian evaluasi, menggunakan model evaluasi Countenance Stake. Model evaluasi ini menggunakan tiga tahapan yaitu: tahapan Antecedents (masukan), transaction (proses), output (keluaran).Penelitian ini dilakukan di SMP IT Ruhul Jadid Tigaraksa Tangerang mulai tanggal 3 November 2022 sampai dengan 21 Maret 2023. Subjek penelitian ini meliputi guru dan siswa siswi SMP IT Ruhul Jadid Tigaraksa Tangerang. Pengumpulan data melalui: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penilaian untuk setiap aspek evaluasi dikategorikan menjadi tiga tingkatan : tinggi, sedang, rendah. Pengambilan keputusan dikatgorikan menjadi tiga tingkatan : tercapai, kurang tercapai, dan tidak tercapai. Penelitian evaluasi ini memberikan beberapa kesimpulan, yaitu gambaran pelaksanaan pembelajaran di SMP IT Ruhul Jadid Tigaraksa Tangerang pada tahapan proses (transactions) menunjukkan bahwa : 1) penguasaan guru dalam menyusun dan menyiapkan pembelajaran bahasa Arab dalam setiap pertemuannya, pada hari Rabu, Kamis, Jum’at. (2) pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Ruhul Jadid Tigaraksa Tangerang menggunakan model evaluasi Countenance Stake. Tahapan Antecedents: Tahapan perencanaan dan penetapan pembelajaran bahasa Arab mendapatkan kategori sesuai. Tahapan transaction: Tahapan kemampuan penggunaan bahasa Arab mendapatkan kategori sesuai. Tahapan Output: tahapan hasil penerapan bahasa Arab mendapatkan kategori sesuai. (3) faktor faktor yang mempengaruhi penerapan pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Ruhul Jadid Tigaraksa yaitu: faktor pendukung adalah sarana-prasarana yang memadai. Faktor penghambat adalah kurangnya penerapan bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari, kurangnya kegiatan yang berbasis bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pembelajaran bahasa Arab, Countenance Stake
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Alliyah Wulan Tsabita sdri
Date Deposited: 16 Jun 2023 06:53
Last Modified: 16 Jun 2023 06:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19655

Actions (login required)

View Item View Item