TINJAUAN KOMPILASI HUKUM EKONOMI SYARI'AH TERHADAP MEKANISME PENETAPAN HARGA DALAM JUAL BELI SALAK (STUDI KASUS DI PENGEPUL SALAK DESA ASINAN KECAMATAN KALIBENING KABUPATEN BANJARNEGARA)

Asep, Fitdianto (2023) TINJAUAN KOMPILASI HUKUM EKONOMI SYARI'AH TERHADAP MEKANISME PENETAPAN HARGA DALAM JUAL BELI SALAK (STUDI KASUS DI PENGEPUL SALAK DESA ASINAN KECAMATAN KALIBENING KABUPATEN BANJARNEGARA). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ASEP FITDIANTO_ TINJAUAN KOMPILASI HUKUM EKONOMI SYARI'AH TERHADAP MEKANISME PENETAPAN HARGA DALAM JUAL BELI SALAK (Studi Kasus Di Pengepul Salak Desa Asinan Kecamatan Kalibening Kabupaten Banjarnegara) .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penetapan pada harga yang dilakukan pengepul salak di Desa Asinan terbilang unik, pada umumnya penetapan harga dilakukan di awal dan disepakati oleh kedua belah pihak, namun berbada dengan yang dilakukan oleh pengepul salak di Desa Asinan, dalam praktik dan mekanisme penetapan harga, pengepul tidak langsung menetapkan harga salak yang akan dibeli, pengepul baru akan menetapkan harga dan membayar setelah pengepul menjual kembali salak tersebut. Praktik penetapan harga yang terjadi di lapangan, dalam jual beli salak di Desa Asinan biasanya petani yang akan menjual salaknya kepada pengepul. penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekan yuridis sosiologis ysng mengacu pada Kompilasi Hukum Ekonomi Syari'ah (KHES). Kemudian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh dari wawancara kepada penjual dan pembeli salak, serta data sekunder yaitu data yang diperoleh dari buku-buku ataupun referensi yang terkait dengan penelitian ini. Sedangkan dalam memperoleh data penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data-data yang diperoleh dianalisis dengan metode analisis dekskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa, pertama, penjual (petani) yang mudah pasrah dan mudah mengalah pada ketentuan dari pembeli (pengepul) sehingga hal tersebut menjadi penyebab pembeli (pengepul) memonopoli sistem jual beli salak di Desa Asinan, kedua, bedasarkan tinjauan Kompilasi Hukum Ekonomi Syari'ah (KHES) kegiatan jual beli salak di Desa Asinan telah memenuhi syarat dan rukun tapi ketidak sesuaian terjadi dalam penentuan harga yang dilakukan oleh pembeli (pengepul) yang seharusnya ditentukan oleh penjual (petani).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, Penentuan Harga, Kompilasi Hukum Ekonomi Syari'ah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Asep Fitdianto sdr
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:53
Last Modified: 16 Jun 2023 03:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19652

Actions (login required)

View Item View Item