MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI PESANTREN AL-BAROKAH WAL KHOIR PAKUJATI PAGUYANGAN BREBES

Imam, Subiyakto (2021) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI PESANTREN AL-BAROKAH WAL KHOIR PAKUJATI PAGUYANGAN BREBES. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
IMAM SUBIYAKTO_MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI PESANTREN AL-BAROKAH WAL KHOIR PAKUJATI PAGUYANGAN BREBES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Terjadinya penyalahgunaan sosial media yang tidak dewasa dikalangan anak-anak usia sekolah dasar sampai perguruan tinggi, menjadi salah satu penyebab merajalelanya tindakan kriminal seperti maraknya geng motor, budaya bertato dikalangan masyarakat saat ini, mengkomsumsi narkoba, obat-obatan terlarang, sexs bebas, pemerkosaan, tawuran, kekerasan dalam rumah tangga, korupsi, pembunuhan berencana, suap dari kalangan masyarakat kecil sampai pejabat tinggi di negeri ini, semua itu telah menggerus dan menghancurkan nilai-nilai luhur agama dan kepribadian bangsa yang dapat menghancurkan kewibawaan Bangsa dan mengancam kesatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, adapun sifat penelitian ini adalah deskriptif analitik yang berupaya memberikan gambaran-gambaran yang mendetail tentang latar belakang, sifat dan karakter yang khas dari kasus yang ada di lapangan. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengeksplorasi data dilakukan dengan cara hubungan yang intensif dengan sumber data. Data berupa uraian mengenai kegiatan atau perilaku subyek dan dokumen-dokumen lain yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pesantren Al-Barokah Wal Khoir Pakujati Paguyangan telah melaksanakan prinsip-prinsip dan fungsi manajemen yaitu : planning, organizing, actuating, dan controlling (POAC), yakni manajemen perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan manajemen pengendalian atau controlling pendidikan karakter di Pesantren Al-Barokah Wal Khoir Pakujati Paguyangan, adapun nilai-nilai karakter yang terbentuk dalam pendidikan karakter di Pesantren Al-Barokah Wal Khoir Pakujati Paguyangan adalah karakter religius, kasih sayang, cinta kebaikan, tanggung jawab dan amanah, toleran, madiri, percaya diri, hormat dan santun, demokratis, kerja keras dan pantang menyerah, peduli sesama dan lingkungan, disiplin, dan berjiwa kepemimpinan. Adapaun indikator keberhasilan pencapaian dalam manajemen pendidikan karakter di Pesantren Al-Barokah Wal Khoir Pakujati Paguyangan yaitu ada dua indikator keberhasilan yang pertama indikator keberhasilan jangka pendek dan menengah yang ditandai ketercapaiannya pendidikan karakter dalam kegiatan-kegiatan yang telah mengakar di Pesantren Al-Barokah Wal Khoir Pakujati Paguyangan, kedua dan indikator jangka panjang yaitu progres dari output atau lulusan Pesantren Al-Barokah Wal Khoir yang banyak berhasil dalam kiprah hidupnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Karakter, Pendidikan Karakter, Pesantren Al-Barokah Wal Khoir
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: IMAM SUBIYAKTO sdr
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:51
Last Modified: 16 Jun 2023 03:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19651

Actions (login required)

View Item View Item