PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN KELENGKAPAN FITUR TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP (STUDI KASUS GENERASI Z DI KABUPATEN BANYUMAS)

Faizal Syahputra, Nasution (2023) PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN KELENGKAPAN FITUR TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP (STUDI KASUS GENERASI Z DI KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Faizal Syahputra Nasution_Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Kelengkapan Fitur Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Flip (Studi Kasus Generasi Z di Kabupaten Banyumas) .pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Financial technology (Fintech) merupakan akses yang terbuka untuk jasa layanan keuangan formal dalam mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa serta pembangunan inklusif dan berkelanjutan. Dari berbagai aplikasi Fintech yang ada sedang berkembang di Indonesia salah satunya adalah aplikasi Flip yang memiliki fitur unggulan dalam menghilangkan biaya admin pada saat melakukan transfer uang antar bank yang berbeda. Aplikasi Flip merupakan pengamalan nilai keislaman yang menganjurkan kita untuk berhemat berupa layanan transfer antar bank tanpa biaya admin. Penggunaan aplikasi Flip terjadi peningkatan di beberapa daerah, salah satunya di Kabupaten Banyumas. Menurut Davis (1989) minat dari seseorang dipengaruhi beberapa aspek. Penelitian ini menggunakan Teori TAM (Technology Acceptence Model) merupakan teori yang menjelaskan minat dari seseorang dalam menggunakan teknologi dipengaruhi oleh 2 faktor. Penelitian ini menggunakan satu variabel terikat yaitu minat menggunakan (behavioral intention to use), dan tiga variabel bebas yaitu persepsi kemanfaatan (perceived usefulness), persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use), dan kelengkapan fitur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data primer dari populasi yaitu generasi Z di Kabupaten Banyumas yang mengetahui aplikasi Flip dengan sampel sebanyak 136 responden. Dalam penelitian ini dianalisis menggunakan metode SEM-PLS dengan software SmartPLS. Hasil dari Penelitian ini menunjukan bahwa dua variabel bebas yaitu persepsi kemanfaatan (perceived usefulness) dan persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat menggunakan aplikasi Flip. Sedangkan satu variabel bebas yaitu kelengkapan fitur tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat menggunaan aplikasi Flip.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kelengkapan Fitur, Minat Penggunaan, Fintech
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Faizal Syahputra Nasution
Date Deposited: 15 Jun 2023 08:05
Last Modified: 15 Jun 2023 08:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19643

Actions (login required)

View Item View Item