IMPELEMTASI PENGADAAN TANAH BAGI PEMBANGUNAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH (STUDI BANDAR UDARA JENDERAL SOEDRIMAN KABUPATEN PURBALINGGA)

Ajeng, Larasati (2023) IMPELEMTASI PENGADAAN TANAH BAGI PEMBANGUNAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH (STUDI BANDAR UDARA JENDERAL SOEDRIMAN KABUPATEN PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN Prof.K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AJENG SEKAR LARASATI_IMPLEMENTASI PENGADAAN TANAH BAGI PEMBANGUNAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH (Studi Bandar Udara Jenderal Soedriman Kabupaten Purbalingga).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengadaan tanah untuk kepentingan umum lazim terjadi di berbagai daerah, baik untuk pembangunana jalan raya, bendungan, waduk, maupun bandar udara. Proses penyelesaiannyapun ada yang relatif mudah, namun juga ada yang cukup berliku. Kendala yang terjadi karena adanya berbagai peraturan yang menjadi bagian dari proses penyelesaian dan isi tinjuauan hukum Islam, pengembangan bandar udara belum tentu sepenuhnya memenuhi standart maslahat yang diizinkan oleh syara’. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengadaan tanah bagi pembangunan bandar udara di Kabupaten Purbalingga serta menganalisis maslahah mursalah terhadap pengadaan tanah untuk pembangunan fasilitas umum tersebut. Penelitian ini berfokus pada kemanfaatan dari pembangunan bandar udara untuk masyarakat di Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dimana sumber data diperoleh secara langsung dengan melakukan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengadaan tanah untuk pembangunan bandar udara di Kabupaten Purbalingga belum selesai prosesenya meskipun telah sesuai dengan UU Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum. Kemudian terdapat dua kebijakan dalam pelaksanaan pengadaan tanah ini, dari pihak provinsi dan pihak kabupaten sendiri. Namun jika ditinjau lebih dalam daengan perspektif maslahah mursalah, proses pengadaan tanah untuk pembangunan bandar udara sangat diperobolehkan karena manfaat yang ditimbulkan lebih dirasakan oleh banyak orang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Umum, Bandar Udara, Maslahah Mursalah
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Ajeng Sekar Larasati
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:53
Last Modified: 15 Jun 2023 06:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19629

Actions (login required)

View Item View Item