NILAI-NILAI AKHLAK DALAM VIDEO KLIP LAGU “MAKNA BAHAGIA”- KOMUNITAS YUKNGAJI, HIRO MUSIC (Analisis Semiotika Julia Kristeva)

Dika, Arvana Rizqi (2023) NILAI-NILAI AKHLAK DALAM VIDEO KLIP LAGU “MAKNA BAHAGIA”- KOMUNITAS YUKNGAJI, HIRO MUSIC (Analisis Semiotika Julia Kristeva). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Dika Arvana Rizqi_Nilai-Nilai Akhlak Dalam Video Klip Lagu Makna Bahagia Komunitas Yukngaji, Hiro Musik.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI Manusia hadir dibumi selalu mengaharapkan makna karena dengan makna manusia telah memiliki apa yang menjadi nilai nya, sehingga ia memiliki gairah dan passion dalam menjalani kehidupan. Akan tetapi sebagai makhluk dinamis potensi manusia berubah-ubah dalam diri manusia selalu ada. Dalam kondisi tertentu Ketika manusia sudah menemukan makna hidup nya tetap saja perasaan hampa, gelisah, sehingga membuat diri nya tidak bahagia dan kehilangan maknanya. Padahal yang perlu disadari adalah sebagai makhluk beragama sudah sepatutnya manusia tidak pernah kehilangan makna. Karena sejatinya agama adalah sumber makna yang tidak pernah habis. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah kajian literatur, atau tekstual. Dengan menggunakan pendekatan semiotika visual. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, sedangkan analisisnya menggunakan teori semiotika semanalisis Julia Kristeva. Semanalisis diibaratkan bahasa yang digunakan oleh manusia dalam konteks tertentu akan menghasilkan makna yang berbeda-beda. Dari semanalisis lahir lah genotek dan fenotek. Genotek adalah teks pembentuk sedangkan fenotek adalah penafsiranya. Kemudian dalam penafsiran dan membentuk suatu makna Julia Kristeva mengaturnya dalam siginifikasi dan signifiance, signifikasi adalah makna yang diatur oleh suatu Lembaga atau kelompok sosial tertentu, sedangkan signifiance adalah makna yang inovatif dan imajinatif. Kemudian dari signifikasi dan signifiance lahirlah intertekstualitas, yaitu hubungan antar suatu teks dengan teks yang lain. Hasil penelitian berdasarkan teori semiotika tersebut adalah. Adanya suatu nilai-nilai Akhlak tersirat yang digambarkan melaluli adegan-adegan yang ditampilkan. Dari proses analisis penulis mendapatkan hasil yaitu perasaan tidak tenang, gelisah tidak bahagia disebabkan kurang nya tingkat keyakinan seseorang. Jalan yang ditempuh agar manusia semakin yakin adalah mengaji dan memperdalam pedoman hidup yang terkandung dalam al Quran. Kata kunci. Nilai-Nilai Islam, Video Klip Makna Bahagia, Semiotika Visual Julia Kristeva

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Akhlak, Video Klip Makna Bahagia, Semiotika Visual Julia Kristeva
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.2019 Psikologi Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dika Arvana Rizqi sdr
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:27
Last Modified: 15 Jun 2023 06:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19613

Actions (login required)

View Item View Item