VICTIM PRECIPITATION SEBAGAI PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PENJATUHAN PUTUSAN PEMIDANAAN PENGANIAYAAN (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI PADANG NOMOR 373/Pid.B/2020/PN Pdg)

SITI NURHAYATUL, FITRI (2023) VICTIM PRECIPITATION SEBAGAI PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PENJATUHAN PUTUSAN PEMIDANAAN PENGANIAYAAN (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI PADANG NOMOR 373/Pid.B/2020/PN Pdg). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Siti Nurhayatul Fitri_Victim Precipitation Sebagai Petimbangan Hakim Dalam Penjatuhan Putusan Pemidanaan.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Victim precipitation awalnya merupakan teori kriminologi dan kemudian dikembangkan dalam viktimologi yang menjelaskan bahwa dalam viktimisasi (tindak pidana), korban dapat menjadi faktor yang turut andil dalam terjadinya viktimisasi tersebut. Victim Precipation adalah sikap dan keadaan diri seseorang yang akan menjadi calon korban atau sikap dan keadaan yang dapat memicu seseorang untuk melakukan kejahatan. Peran korban kejahatan antara lain berhubungan dengan apa yang dilakukan oleh pihak korban, kapan dilakukannya sesuatu, dimana hal tersebut dilakukan. Antara korban dan pelaku terdapat hubungan yang fungsional yang mengakibatkan terjadinya suatu kejahatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis victim precipitation sebagai pertimbangan hakim dalam penjatuhan putusan pemidanaan penganiayaan pada putusan Nomor 373/Pid.B/2020/PN Pdg. Jenis Penelitian ini termasuk dalam penelitian pustaka (library research), sehingga mengambil dan mengolah data dari sumber-sumber kepustakaan seperti buku-buku dan jurnal yang terkait dengan penelitian ini. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kasus (case approach) yaitu putusan Nomor 373/Pid.B/2020/PN Pdg atau penelitian doktrinal. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode dokumentasi yakni data-data yang dikumpulkan dari sumber dokumen yang ditulis atau dibuat langsung oleh subjek yang bersangkutan. Dan analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu sebuah metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Penelitian ini menunjukan bahwa pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara sudah mempertimbangkan aspek victim precipitation, peran korban sebagai pihak yang memancing terjadinya tindak pidana dalam perkara ini dipertimbangkan sebagai keadaan yang memberatkan atau keadaan yang meringankan bagi pelaku. Kata Kunci : Victim Precipitation, Pertimbangan hakim, Korban, Pelaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: victim precipitation, pertimbangan hakim, korban, pelaku
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 345 Criminal law
300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases > 348.3 Specific Jurisdiction (Undang-undang dan Peraturan)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Siti Nurhayatul Fitri
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:32
Last Modified: 15 Jun 2023 03:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19611

Actions (login required)

View Item View Item