PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF NU 11 PURBASARI

Amri, Lili Astriyana (2023) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF NU 11 PURBASARI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Amri Lili Astriyana_Penerapan Model PjBL dalam Meningkatkan Literasi Matemattika Siswa Kelas VII MTs Ma'arif NU 11 Purbasari.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurangnya kemampuan literasi matematika siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 11 Purbasari. Salah satu pembelajaran yang diduga tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika guna meningkatkan literasi matematika siswa yakni model pembelajaran Project Based Learning. Dengan menggunakan model pembelajaran ini siswa dilatih untuk merangsang kemampuan literasi matematika. Selain itu menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran dan siswa juga dapat mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-harinya. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model Project Based Learning dalam meningkatkan literasi matematika siswa kelas VII di MTs Ma’arif NU 11 Purbasari. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode simpel random sampling. Populasi penelitian ini adalah kelas VII MTs Ma’arif NU 11 Purbasari yang terdiri dari kelas VII A, B, C dan sampel penelitian yaitu dari kelas VII A menjadi kelas kontrol dan VII B menjadi kelas eksperimen yang masing-masing siswa berjumlah 24. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dengan bentuk soal uraian. Tes berupa pretest yang diberikan sebelum pemberian perlakuan dan posttest yang diberikan setelah pemberian perlakuan. Adapun analisis data yang digunakan menggunakan uji N-Gain dan uji t dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan model Project Based Learning untuk meningkatkan literasi matematis siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 11 Purbasari. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis uji t independent sample test dengan nilai sig. (2-tailed) yaitu 0.000 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Kemudian dilihat dari perolehan skor N-Gain kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 0.5575 yang diklasifikasikan masuk ketegori sedang dan pada kelas kontrol mendapat skor rata-rata N-Gain sebesar 0.21 yang diklasifikasi masuk ketegori rendah. Sehingga dari hasil analisis uji t dan skor rata-rata N-Gain menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara kelas yang diberikan perlakuan dengan kelas kontrol dan terdapat peningkatan yang ditunjukan dari data bahwa kelas eksperimen lebih tinggi nilainya daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Matematika, Model Project Based Learning, Penerapan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
500 Natural sciences and mathematics > 505 Serial publications
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Amri Lili Astriyana
Date Deposited: 14 Jun 2023 08:06
Last Modified: 14 Jun 2023 08:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19607

Actions (login required)

View Item View Item