TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAH KURIR BERDASARKAN JUMLAH PAKET PERSPEKTIF TEORI UJRAH (Studi Kasus pada J&T Express Purwokerto)

Ratna, Safitri (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAH KURIR BERDASARKAN JUMLAH PAKET PERSPEKTIF TEORI UJRAH (Studi Kasus pada J&T Express Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ratna Safitri_TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAH KURIR BERDASARKAN JUMLAH PAKET PERSPEKTIF TEORI UJRAH (Studi Kasus pada J&T Express Purwokerto).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan muamalah merupakan kegiatan-kegiatan yang menyangkut hubungan antar manusia, salah satunya ialah upah mengupah (ujrah). Manusia memanfaatkan teknologi untuk kemudahan dalam melakukan kegiatan muamalah, salah satunya memanfaatkan dalam bidang jasa yaitu kurir. Disini kurir mengirimkan barang paket, jika tidak memenuhi pengiriman paket tersebut upah kurir menurun sesuai hasil kerja mengirimkan paketnya, tetapi jika memenuhi pengiriman paket tersebut kurir mendapat upah sesuai hasil kerja mengirimkan paket. Selain itu, kurir tidak mendapat uang bensin dan tunjangan lainnya dari perusahaan. Upah kurir tersebut tidak dihitung dari seberapa jauh mereka mengirimkan paket tetapi dari hasil kerja mengirimkan paket. Ketentuan upah tersebut perlu ditelaah, apakah sudah memenuhi aspek keadilan dalam bermuamalah atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana praktik upah kurir berdasarkan jumlah paket dan tinjauannya perspektif teori ujrah. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengumpulkan data atau informasi sesuai dengan keadaan asli pada lapangan. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris. Data primer diperoleh melalui metode wawancara dan data sekunder diambil dari rujukan kepustakaan berupa buku-buku, hasil penelitian seperti jurnal, skripsi, dan sumber lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini praktik upah kurir berdasarkan jumlah paket perspektif teori ujrah bahwa kurir mengirimkan paket dalam waktu 1 sampai 15 hari sebanyak 1.200 per paket, jika dihitung per hari kurir mengirimkan paket 80 per paket, 1 bulan harus mengirimkan 2.400 per paket. Praktik upah kurir ini menggunakan akad ju’alah karena pembayaran upah didasarkan pada jumlah paket yang dikirimkan. Tetapi dalam asas-asas upah ada yang belum sesuai dengan prinsip keadilan yaitu kurir mengirimkan paket dengan jarak tempuh jauh atau dekat upahnya menyesuaikan hasil pengiriman paket dan tidak mendapat uang bensin saat bekerja dan tidak mendapat tunjangan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hukum Islam, Upah Kurir, Teori Ujrah, Akad Ju’alah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ratna Safitri sdr
Date Deposited: 14 Jun 2023 07:40
Last Modified: 14 Jun 2023 07:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19606

Actions (login required)

View Item View Item