IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN MATERI PERAWATAN JENAZAH DI SMK NEGERI 01 TONJONG BREBES

Moh Imam, Baehaqi (2023) IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN MATERI PERAWATAN JENAZAH DI SMK NEGERI 01 TONJONG BREBES. Skripsi thesis, UIN K.H SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MOH IMAM BAEHAQI_IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN MATERI PERAWATAN JENAZAH DI SMK NEGERI 01 TONJONG BREBES.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Implementasi metode drill dalam pembelajaran materi perawatan jenazah di SMK Negeri 01 Tonjong Brebes adalah metode pembelajaran yang dilakukan secara berulang-ulang oleh guru kepada siswa terkait praktik perawatan jenazah agar siswanya menjadi paham akan praktik yang dilakukan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati dan mendeskripsikan tentang implementasi metode drill dalam pembelajaran materi perawatan jenazah di kelas XI TITL 3 dan XI TKRO 4 SMK Negeri 01 Tonjong Brebes. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data: (1) Teknik Observasi, untuk memperoleh gambaran tentang implementasi metode drill dalam pembelajaran materi perawatan jenazah, (2) Teknik Wawancara, digunakan untuk memperoleh data mengenai kegiatan praktik pembelajaran materi perawatan jenazah melalui metode drill serta permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran materi perawatan jenazah, (3) Teknik Dokumentasi, digunakan untuk mencari informasi berupa dokumentasi atau arsip sekolah tentang pelaksanaan pembelajaran di SMK Negeri 01 Tonjong Brebes khususnya yang berkaitan dengan materi pembelajaran perawatan jenazah melalui metode drill. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan teknik uji keabsahan data. Hasil Penelitian mengenai Implementasi metode drill dalam pembelajaran materi perawatan jenazah yang dilaksanakan guru di kelas XI SMK Negeri 01 Tonjong Brebes menunjukan bahwa tentang implementasi metode drill dalam pembelajaran materi perawatan jenazah sudah berjalan dengan baik. Hal tersebut bisa dilaksanakan dengan penilaian aspek sikap, lancarnya bacaan dan runtutan pelaksanaan. Penilaian aspek sikap dilakukan melalui observasi dan lembar penilaian sikap. Observasi digunakan untuk menilai sikap siswa secara berkesinambungan menggunakan format observasi. Lembar penilaian sikap siswa digunakan dengan siswa diminta mengenai pendapat tentang contoh kasus yang berkaiatan dengan perawatan jenazah. Adapun penilaian dengan aspek lancarnya bacaan dilakukan dengan cara tes tertulis dan lisan (kemampuan siswa membaca dan menghafalkan doa’doa dalam mensholati jenazah). Untuk aspek runtutnya pelaksanaan, guru langsung menggunakan penilaian kinerja dengan cara melihat langsung siswa melaksankan praktik perawatan jenazah. Kata Kunci: Perawatan Jenazah, Metode Drill, Implementasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perawatan Jenazah, Metode Drill dan Implementasi
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.16 Masalah berkaitan orang sakit dan Jenazah (Orang mati)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh. Imam Baehaqi sdr
Date Deposited: 13 Jun 2023 01:37
Last Modified: 13 Jun 2023 01:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19588

Actions (login required)

View Item View Item