EFEKTIVITAS PENDAMPINGAN SERTIFIKASI PRODUK HALAL PROGRAM SELF DECLARE DI KABUPATEN BANYUMAS (STUDI PADA HALAL CENTER UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO)

Ihda, Fahmi (2023) EFEKTIVITAS PENDAMPINGAN SERTIFIKASI PRODUK HALAL PROGRAM SELF DECLARE DI KABUPATEN BANYUMAS (STUDI PADA HALAL CENTER UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
IHDA FAHMI_EFEKTIVITAS PENDAMPINGAN SERTIFIKASI PRODUK HALAL PROGRAM SELF DECLARE DI KABUPATEN BANYUMAS (Studi Pada Halal Center UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemerintah melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal mengeluarkan regulasi tentang kewajiban sertifikasi halal bagi pelaku usaha mikro dan kecil. Pelaku usaha mikro dan kecil diwajibkan mendaftar sertifikasi halal melalui program self declare. Regulasi ini tertuang dalam peraturan pemerintah Nomor 39 Tahun 2021. Program Self declare adalah sebuah program sertifikasi halal berdasarkan pernyataan status kehalalan produk secara mandiri oleh pelaku usaha mikro dan kecil. Tujuan diadakannya program sertifikasi halal self declare adalah untuk memperkuat jaminan produk halal di Indonesia. Melalui program self declare, Pelaku UMK tidak dikenakan biaya atau gratis untuk mengurus sertifikat halal. Adapun terkait biaya operasional yang dibutuhkan, terkait dengan proses sertifikasi halal, nantinya diambil dari beberapa sumber antara lain yaitu APBN, APBD, dan fasilitator pembiayaan lainnya. Adanya Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran dari Pendamping Proses Produk Halal dan mengevaluasi efektivitas kinerja pendamping proses produk halal dalam meningkatkan pemahaman halal dan kesadaran halal pelaku usaha terkait dengan sertifikasi halal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pendamping proses produk halal UIN Prof. K.H. Zuhri Purwokerto dan juga beberapa pelaku usaha mikro dan kecil di Kabupaten Banyumas yang telah mendapatkan pendampingan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan kemudian ditarik kesimpulan. Teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Demi terwujudnya efektivitas pendampingan, beberapa cara telah dilakukan oleh pendamping proses produk halal. Dari berbagai upaya yang telah dilakukan, ditemukan sebuah hasil dimana kesadaran halal pelaku usaha sudah terbentuk dibuktikan dengan perilaku pelaku usaha dalam memilih bahan produksi yang terjamin halal, proses produksi yang sesuai syariat, dan adanya kesediaan memberikan jaminan halal pada produk yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self Declare, Efektivitas, Pelaku Usaha Mikro dan Kecil
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ihda fahmi sdri
Date Deposited: 13 Jun 2023 01:24
Last Modified: 13 Jun 2023 01:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19583

Actions (login required)

View Item View Item