PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PETERNAK KAMBING MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN PETERNAK (Studi Pada Kelompok Peternak Akar Rumput di Desa Tayem Timur Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap)

Latif, Fadlilah (2023) PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PETERNAK KAMBING MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN PETERNAK (Studi Pada Kelompok Peternak Akar Rumput di Desa Tayem Timur Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LATIF FADLILAH 1917104028.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi pada penelitian ini berjudul Peningkatan Kesejahteraan Peternak Kambing melalui Program Pengembangan Peternak (Studi Pada Kelompok Peternak Akar Rumput Di Desa Tayem Timur Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap). Skripsi ini dilatarbelakangi masih rendahnya ekonomi dan sosial di Desa Tayem Timur Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap, sehingga memanfaatkan potensi akan hutannya berupa rumput liar untuk kebutuhan bahan pokok pakan kambing, dikarenakan komoditas masyarakat Desa Tayem Timur tersebut yakni bertani dan beternak kambing. Berawal dari komunikasi aktif sesama peternak kambing yang kemudian membentuk sebuah forum diskusi non formal sesama peternak kambing seputar budidaya beternak kambing dan tata kelola beternak kambing. Anggota peternak semakin bertambah dan akhirnya membentuk kelompok tani ternak sengkala hijau. Nama sengkala hijau diambil dari hutan yang berdekatan dengan desa tersebut yang bernama hutan sengkala yang hijau akan rumput liarnya. Selanjutnya ada penambahan anggota secara signifikan dibeberapa desa yang kemudian mendorong untuk dibentuk kelompok-kelompok baru di desa lain. Terbentuklah beberapa kelompok-kelompok baru didesa lain. Kemudian seluruh kelompok bersepakat membentuk sebuah wadah baru bernama kelompok peternak akar rumput, untuk menyatukan beberapa kelompok di desa lain sebagai tujuan wadah silaturahmi, diskusi dan penyatuan visi misi. Penelitian skripsi ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk menganalisa lebih mendalam mengenai permasalahan yang ditemukan. Hasil dari penelitian ini para peternak kambing meningkat kesejahteraannya dengan melaksanakan program-program dalam kelompok. Adapun program-program dalam kelompok antara lain: pelaksanaan ternak semi modern, peningkatan jumlah induk, gerakan kandang sehat, gerakan menanam hijauan pakan ternak, gerakan giat UMKM, recording ternak, pemerahan susu dan pengolahan pupuk. Kesimpulan dari penelitian ini dengan adanya usaha di kelompok peternak akar rumput visi misi tercapai dengan baik sehingga anggota peternak kambing berdaya dan sejahtera. Kemudian kelompok peternak akar rumput telah berhasil mencapai visinya yakni menciptakan peternak kerakyatan yang berdaya dan sejahtera dengan hasil yang dicapai peternak semakin meningkat, pendapatan meningkat dan usaha meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kesejahteraan, Peternak Kambing, Program, Pengembangan.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Latif fadlilah sdr
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:32
Last Modified: 13 Jun 2023 04:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19578

Actions (login required)

View Item View Item