PENGARUH TEMAN SEBAYA, MEDIA SOSIAL DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN PROF K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO)

Nabila, Ayu Khairunnisa (2023) PENGARUH TEMAN SEBAYA, MEDIA SOSIAL DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN PROF K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saisuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NABILA AYU KHAIRUNNISA_PENGARUH TEMAN SEBAYA, MEDIA SOSIAL DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumtif dapat dikatakan sebagai tindakan yang dilakukan dengan cara berlebihan terhadap penggunaan produk. Tidak lagi hanya ditujukan untuk memuaskan suatu kebutuhan, tetapi sebagai sarana pemenuhan keinginan, mentransmutasikan kegiatan mencari kepuasan, menyalurkan kegiatan kesuakaannya atau hobi, dan sebagai alat pemuas kebutuhan. Perilaku konsumtif dipengaruhi oleh beberapa faktor,diantaranya adalah motivasi, kepribadian, budaya, kelas sosial, gaya hidup, kelompok referensi (keluarga, teman sebaya, kelompok kerja), media sosial. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh teman sebaya, media sosial, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan sampelnya dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling dengan cara purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto dengan jumlah keseluruhan 100 mahasiswa. Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwateman sebaya (X1) secara parsial berpengaruh terhadap perilaku konsumtif (Y), media sosial (X2) secara parsial tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif(Y), gaya hidup (X3) secara parsial berpengaruh terhadap perilaku konsumtif (Y). Sedangkan secara simultan teman sebaya, media sosial dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif sebesar 66,5%. Sedangkan sisanya 33,5% dipengaruhi faktor lain diluar penelitian ini. Kata kunci: Teman Sebaya, Media Sosial, Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teman Sebaya, Media Sosial, Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nabila Ayu Khairunnisa sdri
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:02
Last Modified: 12 Jun 2023 04:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19566

Actions (login required)

View Item View Item