PENGARUH LIFESTYLE, ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PAKAIAN PADA PING ONLINE SHOP PURWOKERTO

Maya, Kristin Santoso (2023) PENGARUH LIFESTYLE, ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PAKAIAN PADA PING ONLINE SHOP PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MAYA KRISTIN SANTOSO_ PENGARUH LIFESTYLE, ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perkembangan bisnis semakin berkembang salah satunya yaitu pada bidang fashion. Perusahaan harus paham mengenai selera dan kebutuhan kosnumen karena ini menjadi dasar terbentuknya perilaku konsumen. Adanya perubahan zaman akan di ikuti oleh perubahan gaya hidup. Lifestyle menjadi faktor penentu konsumen untuk melakukan pembelian dan pemakaian terhadap suatu produk. Keputusan pembelian konsumen tidak lepas dari komunikasi pemasaran yaitu electronic word of mouth (E-WOM) karena melalui ini memudahkan pihak perusahaan dan konsumen untuk mendapatkan dan menyebarkan informasi. Selain itu juga service quality menjadi faktor penentu keputusan pembelian. Jika pelayanan yang diberikan sebanding dengan apa yang diinginkan maka akan berpengaruh positif dan menambah penilaian konsumen terhadap kualitas pelayanan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara parsial dan simultan antara lifestyle, electronic word of mouth dan service quality terhadap keputusan pembelian produk pakaian pada Ping Online Shop Purwokerto. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasinya adalah seluruh konsumen Ping Online Shop Purwokerto dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Analisis data meliputi uji keabsahan data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan alat bantu aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan, berdasarkan Uji F diketahui bahwa variabel lifestyle (X1), electronic word of mouth (X2), dan service quality (X3) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai Fhitung sebesar 2,698 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Selain itu berdasarkan hasil Uji T menunjukkan bahwa variabel lifestyle (X1) nilai Thitung sebesar 2,579, electronic word of mouth (X2) nilai Thitung sebesar 4,035, dan service quality (X3) Thitung sebesar 3,980 yang artinya secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lifestyle, Electronic Word of Mouth (E-WOM), Service Quality dan Keputusan Pembelian
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Maya Kristin Santoso sdri
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:51
Last Modified: 12 Jun 2023 02:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19564

Actions (login required)

View Item View Item