PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS II DI MI ISLAMIYAH BANGSA KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS

Sefrina Putri, Tisngaeni (2023) PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS II DI MI ISLAMIYAH BANGSA KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SEFRINA PUTRI TISNGAENI_PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS II DI MI ISLAMIYAH BANGSA KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS.pdf.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini berangkat dari kurangnya motivasi siswa untuk menghafalkan kosakata bahasa Inggris. Penggunaan metode pembelajaran yang tepat adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam penelitian ini, metode pembelajaran yang digunakan adalah metode bernyanyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode bernyanyi dapat berpengaruh pada penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada siswa SD Se-derajat khususnya siswa kelas II MI Islamiyah Bangsa. Penelitian ini dilakukan di MI Islamiyah Bangsa Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan rancangan non equivalent design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II yang berjumlah 40 siswa yaitu kelas II A berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan II B berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas. Dari pengujian tersebut diperoleh bahwa sampel berasal dari varians yang berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil analisis diketahui bahwa rata-rata hasil post test kelompok eksperimen sebesar 81,10 sedangkan kelompok kontrol sebesar 71,40. Sedangkan hasil analisis data menggunakan uji independent sampel t test diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,008<0,05. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bernyanyi berpengaruh pada penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas II MI Islamiyah Bangsa Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas. Saran pada penelitian ini adalah metode yang digunakan oleh guru harus tepat agar tercipta kondisi kelas yang menyenangkan sekaligus memotivasi siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bernyanyi, Penguasaan Kosakata, Bahasa Inggris
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English > 420.7 Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sefrina Putri Tisngaeni sdri
Date Deposited: 12 Jun 2023 06:09
Last Modified: 12 Jun 2023 06:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19563

Actions (login required)

View Item View Item