INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI PEMBELAJARAN KITAB ARBAIN NAWAWI DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL ‘ULUUM BALONG, BANYUMAS

SYIFA NUR, ROZZAQIYAH (2023) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI PEMBELAJARAN KITAB ARBAIN NAWAWI DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL ‘ULUUM BALONG, BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Syifa Nur Rozzaqiyah_INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kitab Arbain Nawawi adalah kitab karya dari Imam Nawawi. Kitab ini berisi hadits rasul yang dijadikan sebagai amal sehari-hari salah satu contohnya yaitu hadits mengenai akhlak. Pada kenyataannya akhlak yang dimiliki anak muda pada zaman sekarang ini memprihatinkan. Melihat fenomena yang sering terjadi di Indonesia mengenai kerusakan moral maka perlu adanya internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak bagi anak zaman sekarang ini. Salah satu alternatif untuk menerapkan internalisasi tersebut yaitu pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam pembelajaran kitab Arbain Nawawi di pondok pesantren Roudlotul’Uluum Balong, Banyumas. Penelitian ini mennggunakan jenis penelitian kualitatiif berupa deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangan metode analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam pembelajaran kitab Arbain Nawawi di Pondok Pesantren Roudlotul ‘Uluum sudah menunjukkan hasil yang cukup bagus. Santri sudah menunjukkan akhlak yang cukup baik seperti akhlak kepada Allah Swt yaitu tauhid, takwa, doa, malu dan tawakal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Kitab Arbain Nawawi, Pondok Pesantren
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syifa Nur Rozzaqiyah
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:14
Last Modified: 12 Jun 2023 02:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19562

Actions (login required)

View Item View Item