PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL MARIPOSA KARYA LULUK HF DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Salma, Suhaila (2023) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL MARIPOSA KARYA LULUK HF DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SALMA SUHAILA_PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL MARIPOSA KARYA LULUK HF DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan menjadi bagian penting dari kehidupan manusia. Saat ini pendidikan tidak hanya berorientasi pada kecerdasan anak tetapi harus mampu membentuk watak dan kepribadian. Upaya untuk membentuk watak peserta didik adalah dengan memberikan pendidikan karakter yang sesuai dengan materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA. Salah satu strategi untuk memberikan pendidikan karakter adalah dengan membaca novel Mariposa karya Luluk HF. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendidikan karakter dalam novel Mariposa dan untuk menganalisis relevansi pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Mariposa karya Luluk HF dengan materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer berupa novel Mariposa karya Luluk HF dan sumber data sekunder berupa sumber referensi lain yang berhubungan dengan penelitian. Jenis penelitian ini adalah library research (kepustakaan) dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan conten analysis (analisis isi). Temuan penelitian ini novel Mariposa karya Luluk HF di dalamnya mengandung 15 nilai pendidikan karakter, yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Adapun dari ke 15 pendidikan karakter yang ditemukan dalam novel tersebut, ada 10 karakter yang memiliki relevansi dengan materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Novel Mariposa, Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Novel Mariposa, Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri SALMA SUHAILA
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:13
Last Modified: 12 Jun 2023 02:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19560

Actions (login required)

View Item View Item