INTERNALISASI NILAI SPIRITUAL DALAM MENGEMBANGKAN SELF CONTROL PADA SISWA BERAGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 WANGON,KABUPATEN BANYUMAS

Fadhila, Mahrunisa (2023) INTERNALISASI NILAI SPIRITUAL DALAM MENGEMBANGKAN SELF CONTROL PADA SISWA BERAGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 WANGON,KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
FADHILA MAHRUNISA_1917402175_ INTERNALISASI NILAI SPIRITUAL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perubahan zaman dalam era globalisasi mengakibatkan banyaknya kalangan remaja yang tergerus akan perubahan zaman. Sehingga remaja saat ini sangat membutuhkan pembinaan spritual dan hendaknya memiliki self control yang baik. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan proses internalisasi nilai spiritual dalam mengembangkan self control pada siswa beragama islam di SMA Negeri 1 Wangon. Jenis penelitian yang digunakan yakni melalui penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Wangon Banyumas. Adapun teknik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan, menunjukkan bahwa proses internalisasi nilai spiritual dalam mengembangkan self control di SMA Negeri 1 Wangon dilakukan dengan cara humanistik komprehensif melalui beberapa tahapan yakni tahap transformasi nilai yang diwujudkan melalui adanya pemberian maudzi’ah atau nasihat kepada peserta didik, tahap transaksi nilai diwujudkan melalui pemberian hukuman yang menghasilkan timbal balik antara siswa dengan guru dan tahap transinternalisasi diwujudkan dalam kegiatan pembiasaan keagamaan dan pemberian keteladan dari seorang guru terhadap peserta didik. Beberapa pembiasaan keagamaan yang dilaksanakan yaitu pembelajaran PAI pembacaan asmaul husna, pembacaan suratan pendek, shalat duha, shalat dzuhur berjama’ah, tutor sebaya mengaji, habita, tahfidz, wisuda Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai Spiritual, Kontrol Diri.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: FADHILA MAHRUNISA Sdri
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:11
Last Modified: 12 Jun 2023 02:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19559

Actions (login required)

View Item View Item