NILAI PENDIDIKAN ISLAM TRADISI NGROWOT DI PESANTREN NURUL ISLAM BAWANG BANJARNEGARA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM MODUL AJAR SKI KURIKULUM MERDEKA

M. Fatkhu, Rouf (2023) NILAI PENDIDIKAN ISLAM TRADISI NGROWOT DI PESANTREN NURUL ISLAM BAWANG BANJARNEGARA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM MODUL AJAR SKI KURIKULUM MERDEKA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
2023-5-24 Skripsi M. Fatkhu Rouf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam suatu tradisi berupa tradisi ngrowot, yang kemudian diimpelementasikan kedalam bentuk modul ajar SKI kurikulum merdaka. Ini menjadi menarik melihat nilai pendidikan Islam yang terilhami dari nilai syariat Islam, sedang tradisi sendiri hidup dan berkembang dengan diilhami perkembangan sosial budaya yang terkadang dianggap kontras dengan syariat Islam. Setelah mencari akan nilai pendidikan Islam yang terkandung, penelitian ini kemudian diarahkan untuk menuangkan nilai yang telah terkuak tadi ke dalam bentuk konkrit sebuah modul ajar dalam kurikulum merdeka saat ini. Dalam mencapai tujuannya, penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif etnografi, dimana pendekatan ini merujuk pada peristiwa atau aktivitas sosial budaya masyarakat tertentu dengan mendeskripsikan dan mempelajari mengenai peristiwa budaya yang menyajikan pandangan hidup masyarakat tersebut. Aktivitas disini berupa tradisi ngrowot yang terlaksana di instansi pendidikan non formal berupa Pondok Pesantren Nurul Islam Bawang Banjarnegara. Penelitian ini menghasilkan dua hal penting. Pertama, adanya tiga nilai yang terkandung pada tradisi ngrowot berupa nilai akidah, ibadah dan akhlak. Nilai akidah mencakup beberapa dari rukun iman, nilai ibadah mencakup dua bentuk berupa ibadah mahdhah dan ghoiru mahdhah, sedang nilai akhlak memuat akhlak kepada Allah, kepada diri sendiri dan sesama. Kedua, Nilai yang diperoleh kemudian diimplementasikan dalam wujud modul ajar SKI kurikulum merdeka, dimana modul ajar menjadi patokan pembelajaran pada kurikulum merdeka saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai pendidikan, tradisi ngrowot, modul ajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Fatkhu Rouf sdr
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:02
Last Modified: 12 Jun 2023 02:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19558

Actions (login required)

View Item View Item