METODE TALAQQI DAN MURAJA'AH DALAM UPAYA MENGHAFAL AL-QUR'AN PADA ANAK USIA DINI DI TK PUTRA HARAPAN PURWOKERTO

Affitri Praptia, Barkah (2023) METODE TALAQQI DAN MURAJA'AH DALAM UPAYA MENGHAFAL AL-QUR'AN PADA ANAK USIA DINI DI TK PUTRA HARAPAN PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Affitri Praptia Barkah_Metode Talaqqi dan Muraja'ah dalam Upaya Menghafal Al-Qur'an Pada Anak Usia Dini di TK Putra Harapan Purwokerto.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pelaksanaan pembelajaran tahfidzul Qur’an dengan menggunakan kombinasi dua metode talaqqi dan muraja’ah pada anak di TK Putra Harapan Purwokerto. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan meliputi data primer yakni hasil wawancara yang diperoleh dari kepala sekolah, Ustadzah dan orangtua TK Putra Harapan Purwokerto. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari beberapa foto dan dokumen di TK Putra Harapan Purwokerto. adapun pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada analisis data menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dalam penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut; implementasi metode talaqqi dilaksanakan setiap hari sebelum memulai aktivitas pembelajaran lainnya dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Sementara untuk metode muraja’ah dilakukan dengan beberapa yang digabung dalam kegiatan di sekolah yaitu: muraja’ah dengan dzikir pagi, muraja’ah dengan sholat berjama’ah, muraja’ah setelah metode talaqqi, dan muraja’ah dengan amal yaumi. Kemampuan menghafal Al-Qur’an pada anak setelah menggunakan metode talaqqi dan muraja’ah adanya perkembangan secara bertahap melalui kerjasama antara pihak lembaga pendidikan dan orangtua untuk memaksimalkan halafan Al-Qur’an pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur'an, Anak Usia Dini, Menghafal, Muraja'ah, Talaqqi
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Affitri Praptia Barkah sdri
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:57
Last Modified: 12 Jun 2023 03:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19553

Actions (login required)

View Item View Item