Analisis Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus di Purwojati Banyumas)

Ninik Nikmatul, Janah (2023) Analisis Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus di Purwojati Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ninik Nikmatul Janah_Analisis Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus di Purwojati Banyumas).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kesejahteraan masyarakat merupakan suatu kondisi di mana setiap individu mampu mencukupi kebutuhan dasar baik berupa sandang, pangan atau papan serta dapat memenuhi kebutuhan dan kualitas hidupnya sehingga mempunyai status sosial yang sama dengan masyarakat lainnya. Dalam mewujudkan amanat Undang-Undang Dasar 1945 yaitu memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa maka didirikan sebuah program pemerintah yaitu Program Keluarga Harapan (PKH). Kondisi PKH di Kecamatan Purwojati sudah dapat dikatakan baik namun masih terdapat beberapa masalah seperti ketidaktepatan sasaran program dan keterlambatan penyaluran dana bantuan PKH. Selain itu, terdapat beberapa Keluarga Penerima Manfaat PKH yang mampu memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa mendapat bantuan PKH tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan efektivitas PKH dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Purwojati Kabupaten Banyumas. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode deskripsi kualitatif. Metode pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman yaitu dengan cara pengumpulan data, reduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan. Kemudian untuk teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan tingkat efektivitas Program Keluarga Harapan di Kecamatan Purwojati sudah dapat dikatakan baik dan efektif. Hal ini terlihat dari lima indikator efektivitas yaitu pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan dan adanya perubahan nyata mengenai pendidikan dan kesehatan untuk meningkatkan kesadaran di masyarakat. Sedangkan berdasarkan perspektif ekonomi Islam sudah dapat terpenuhi terdiri dari unsur-unsur keadilan, tanggung jawab dan jaminan sosial (takaful).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kesejahteraan masyarakat, efektivitas, Program Keluarga Harapan (PKH)
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ninik Nikmatul Janah sdri
Date Deposited: 09 Jun 2023 06:16
Last Modified: 09 Jun 2023 06:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19535

Actions (login required)

View Item View Item