BANTUAN HUKUM BAGI ORANG MISKIN PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 16 TAHUN 2011 TENTANG BANTUAN HUKUM DAN ASAS EQUALITY BEFORE THE LAW DALAM ISLAM

Risa Miftah, Khairunnisa (2023) BANTUAN HUKUM BAGI ORANG MISKIN PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 16 TAHUN 2011 TENTANG BANTUAN HUKUM DAN ASAS EQUALITY BEFORE THE LAW DALAM ISLAM. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Risa Miftah Khairunnisa_1817303032.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Prinsip Undang-Undang No. 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum memberikan harapan baru bagi orang miskin untuk mendapatkan akses terhadap keadilan. Bantuan Hukum sebagai kewajiban Negara untuk memenuhi hak konstitusional dalam memenuhi hak setiap warga negara atas perlindungan hukum dan jaminan persamaan di hadapan hukum (equality before the law) sebagai sarana perlindungan hak asasi manusia (HAM) terutama untuk orang miskin. Adanya bantuan hukum secara cuma-cuma untuk masyarakat miskin guna untuk mencari keadilan yang telah di pedomani dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kepustakaan (library research) sehingga mengambil dan mempelajari buku-buku dengan tujuan untuk mengambil data sebagai hukum primer dengan ciri-ciri menggunakan buku-buku, kitab-kitab, jurnal, internet, dan bahan lainnya yang terkait dengan objek penelitian. Sumber data primer yang digunakan adalah UU No. 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemberian Bantuan Hukum bagi orang miskin secara cuma-cuma memberikan kemanfaatan dan dampak yang baik kepada masyarakat yang mencari keadilan. Bantuan Hukum di Indonesia perspektif asas equality before the law dalam Islam hukumnya mubah karena memberi kemanfaatan dan dampak yang baik kepada masyarakat yang mencari keadilan. Maka dari itu, dengan adanya pemberian bantuan hukum ini sangat bermanfaat bagi orang yang tidak mampu. Hal tersebut sesuai dengan konsep asas equality before the law yang mana dalam memberikan bantuan hukum harus dilakukan dengan adil dan tidak berpihak pada orang kaya saja melainkan orang miskin juga berhak untuk mendapatkan keadilan. Kata Kunci: Bantuan Hukum, Orang Miskin, Asas Equality Before The Law dalam Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bantuan Hukum, Orang Miskin, Asas Equality Before The Law dalam Hukum Islam.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
300 Social sciences > 340 Law
300 Social sciences > 340 Law > 342 Constitutional and administrative law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Risa Miftah Khairunnisa
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:51
Last Modified: 09 Jun 2023 03:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19529

Actions (login required)

View Item View Item