MANAJEMEN PROGRAM LITERASI UNTUK ANAK USIA DINI DI TK ISLAM TERPADU GENERASI MULIA DESA KARANGGINTUNG KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

Anisa, Nurmina (2023) MANAJEMEN PROGRAM LITERASI UNTUK ANAK USIA DINI DI TK ISLAM TERPADU GENERASI MULIA DESA KARANGGINTUNG KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ANISA NURMINA_MANAJEMEN PROGRAM LITERASI UNTUK ANAK USIA DINI DI TK ISLAM TERPADU GENERASI MULIA DESA KARANGGINTUNG KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Literasi dasar bagi anak usia dini, menjadi permasalahan serius yang masih belum menemukan titik terangnya. Oleh karena itu, menggencarkan literasi pada anak usia dini merupakan satu langkah konkret dalam mendukung program pemerintah. Hal ini tentu menjadi peluang besar bagi pendidikan tingkat PAUD dan TK untuk lebih mempersiapkan dan menata program literasi pada anak usia dini. Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana manajemen program literasi bagi anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode deskirptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah manajemen program literasi bagi anak usia dini. Pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam melakukan analisis data, penulis menggunakan metode reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen program literasi untuk anak usia dini di TK Islam Terpadu Generasi Mulia telah berjalan dengan baik. Manajemen program literasi anak usia dini yang ada di TK Islam Terpadu Generasi Mulia, meliputi: (1) perencanaan, kegiatannya berupa menentukan dan menetapkan program tahunan dan program semester (2) pengorganisasian, mengorganisasikan kalender akademik dan sumber daya manusia, seperti pendidik, peserta didik, membagi tema dan tanggung jawab pendidik dan tenaga kependidikan (3) pelaksanaan, berupa mengimplementasikan seluruh kegiatan yang telah direncaakan sebelumnya (4) pengawasan dan evaluasi, dilakukan untuk menilai kinerja pendidik serta pencapaian kemampuan literasi peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan manajemen program literasi yang ada di TK Islm Terpadu Generasi Mulia sudah berjalan dengan baik. Hanya saja terdapat sedikit perbaikan khususnya dalam fungsi pengawasan dan evaluasi kinerja guru, untuk melakukan pencatatan atau membentuk formulir penilaian dan juga pada evaluasi perkembangan literasi peserta didik untuk dibuatkan ruang khusus penilaian pada rapor sebagai bentuk evaluasi per semester.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Literasi, Manajemen
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anisa Nurmina sdri
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:45
Last Modified: 08 Jun 2023 07:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19512

Actions (login required)

View Item View Item