Implementasi Kepmendikbudristek Nomor 56M2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran di TK Aisyiyah BA Cimanggu Cilacap

Emiliya, Fatmawati (2023) Implementasi Kepmendikbudristek Nomor 56M2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran di TK Aisyiyah BA Cimanggu Cilacap. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Emiliya Fatmawati_Implementasi Kepmendikbudristek Nomor 56M2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran di TK Aisyiyah BA Cimanggu Cilacap.pdf

Download (42MB) | Preview

Abstract

Taman Kanak-kanak (TK) menjadi salah satu lembaga yang turut mensukseskan implementasi kurikulum merdeka belajar dan menuntut anak untuk berpikir kritis terhadap suatu hal. Pada tingkat Taman Kanak-kanak kurikulum merdeka menyesuaikan pembelajaran menjadi “merdeka bermain”, sehingga pembelajaran berlangsung menyenangkan dan asik. Salah satu TK yang sudah menerapkan kurikulum merdeka yakni TK Aisyiyah BA Cimanggu Cilacap. TK sudah mendapatkan SK dari Dinas Pendidikan untuk segera mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar. Alasan lainnya karena TK memiliki peserta didik yang berusia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kepmendikbudristek Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran di TK Aisyiyah BA Cimanggu Cilacap. Peneliti menggunakan jenis pendekatan kualitatif studi kebijakan dengan membandingkan hal yang diteliti yakni kurikulum merdeka belajar sesuai dengan Kepmendikbudristek Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara itu, data dihasilkan dari proses analisis melalui metode reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka belajar yang dilaksanakan di TK Aisyiyah BA Cimanggu Cilacap sudah sesuai dengan Kepmendikbudristek Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran dan dinilai berhasil. Hal ini dapat dilihat dari kesesuaian pada tiga indikator pembelajaran yakni 1) Perencanaan, pembelajaran guru sudah memiliki RPP, RPH, dan jadwal pembelajaran; 2) Pelaksanaan, pembelajaran sudah berdasarkan project baik secara individual maupun berkelompok. Peserta didik juga dituntut untuk aktif, mandiri, dan kolaboratif; 3) Penilaian Pembelajaran, guru diberikan kebebasan untuk menentukan penilaian pembelajaran yakni guru kelas A melaksanakan penilaian berdasarkan hasil project, sedangkan guru kelas B melakukan penilaian dengan melihat rangkaian foto seri. Selain itu, keberhasilan dalam pengimplementasian kurikulum juga didukung oleh kuatnya komitmen sekolah dalam melaksanakan tujuan khusus dengan memahami kebutuhan yang dirasakan oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepmendikbudristek; Kurikulum merdeka; Loose parts; Project; Taman Kanak-kanak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 370.5 General Publications of Education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Emiliya Fatmawati
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:59
Last Modified: 08 Jun 2023 06:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19497

Actions (login required)

View Item View Item