Penerapan Etika Bisnis Islam Dan Budaya Organisasi Di Abata Digital Printing Purwokerto

Arissya, Febriani Wibowo (2023) Penerapan Etika Bisnis Islam Dan Budaya Organisasi Di Abata Digital Printing Purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Arissya Febriani Wibowo_Penerapan Etika Bisnis Islam Dan Budaya OrganisasI Di Abata Digital Printing Purwokerto.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan industri percetakan memiliki kemajuan yang begitu cepat. Seperti yang terjadi saat ini, bahwa bisnis masih menjadi salah satu incaran oleh banyak orang. Dikarenakan mampu memberikan jaminan berupa kehidupan yang layak. Sehingga banyak pelaku bisnis yang berlomba-lomba untuk memperoleh pangsa pasar dan menyampingkan adanya etika. Padahal jika ditelusuri lebih jauh, salah satu yang menjadi pusat kekuatan penting untuk menghadapi persaingan bisnis ialah diterapkannya sebuah etika bisnis. Dengan demikian, penelitian ini fokus pada rumusan masalah yang akan menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis Islam dan budaya organisasi secara signifikan dapat mengembangkan kinerja perusahaan di Abata Digital Printing Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sedangkan metode yang digunakan oleh peneliti yaitu metode penelitian kualitatif. Dimana pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan utama dalam penelitian ini adalah karyawan, sedangkan informan pendukungnya adalah manajer operasional yang berada di Abata Digital Printing Purwokerto. Teknik analisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman yaitu dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kemudian untuk teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan temuan bahwa karyawan di Abata Digital Printing Purwokerto telah menerapkan etika bisnis Islam yang terdiri dari nilai kejujuran, kerja sama, kedisiplinan, kompetensi, dan kecepatan. Selain itu, karyawan juga telah menerapkan budaya organisasi melalui karakteristik spiritual, profesional, efektif dan efisien, kreatif dan inovatif. Adapun setelah diterapkannya etika bisnis Islam dan budaya organisasi secara signifikan telah mendongkrak perkembangan perusahaan. Peningkatan ini di samping ditandai dengan peningkatan omzet penjualan juga terdapat peningkatan karyawan yang ada di Abata Digital Printing Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Budaya Organisasi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 506 Organizations and management
600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 621 Applied physics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Arissya Febriani Wibowo sdri
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:51
Last Modified: 08 Jun 2023 06:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19491

Actions (login required)

View Item View Item