ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK PASCA PANDEMI COVID-19 KELAS V B MI MA'ARIF NU 1 LANGGONGSARI

NURLINDA, FITRIANI (2023) ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK PASCA PANDEMI COVID-19 KELAS V B MI MA'ARIF NU 1 LANGGONGSARI. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NURLINDA FITRIANI_ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK PASCA PANDEMI COVID-19 KELAS V B MI MA'ARIF NU 1 LANGGONGSARI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Keaktifan belajar merupakan kegiatan fisik seseorang atau peserta didik di dalam proses pembelajaran untuk tercapainnya pembelajar yang aktif di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penghambat keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik pasca pandemi Covid-19 MI Ma’arif NU 1 Langgongsari. Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dimana penelitian yang menekankan pada penjelasan berbentuk uraian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa faktor penghambat keaktifan belajar siswa diantaranya yaitu sarana prasarana, media pembelajaran dan guru. Faktor sarana prasarana berupa kurangnya ruang kelas untuk kegiatan pembelajaran, kemudian faktor media pembelajaran yaitu penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik, serta faktor guru yaitu meliputi ketidaksesuaian kompetensi guru, kurangnya kemampuan guru dalam bidang teknologi, kesiapan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran masih belum sesuai, kurangnya mobilitas guru dalam mengajar, kurangnya apersepsi, metode pembelajaran, kurangnya kemampuan guru dalam melakukan proses pembelajaran tematik, kurangnya interaksi guru dengan siswa dalam proses pembelajaran, evaluasi dan pemberian reward. Kata Kunci: Keaktifan; Pembelajaran Tematik; Pasca Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, pemeblajaran temati, covid-19
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NURLINDA FITRIANI sdri
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:48
Last Modified: 08 Jun 2023 06:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19488

Actions (login required)

View Item View Item