PENGARUH PENDIDIKAN, PENDAPATAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN WARGA MENGGUNAKAN JASA RENTENIR ( Studi Pada Masyarakat Keluarahan Randuharjo Jawa Timur)

Surya Irma, Hayati (2023) PENGARUH PENDIDIKAN, PENDAPATAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN WARGA MENGGUNAKAN JASA RENTENIR ( Studi Pada Masyarakat Keluarahan Randuharjo Jawa Timur). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SURYA IRMA HAYATIII-1.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Maraknya isu rentenir di Kelurahan Randuharjo berdampak pada tingginya keputusan masyarakat terhadap peminjaman rentenir daripada Bank Syariah. Tinggi rendahnya keputusan warga menggunakan jasa rentenir dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik yang muncul dari diri seseorang maupun faktor yang timbul dari lingkungan masyarakat. Penelitian ini akan mengkaji seberapa besar pengaruh Pendidikan, Pendapatan dan Kemudahan terhadap keputusan warga menggunakan jasa rentenir pada masyarakat Kelurahan Randuharjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasinya yaitu masyarakat Desa Randuharjo. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 100 responden yang ditentukan dengan teknik Cluster Sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Kemudian, analisis data yang digunakan, yaitu analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, heteroskedastisitas, multikonlinieritas, dan autokorelasi dengan menggunakan IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan, Pendapatan dan Kemudahan dari hasil uji t memiliki nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang artinya terdapat berpengaruh signifikan terhadap keputusan warga menggunakan jasa rentenir di Kelurahan Randuharjo. Kemudian, pada uji F secara simultan Pendidikan, Pendapatan dan Kemudahan mempengaruhi keputusan warga kelurahan Randuharjo menggunakan jasa rentenir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pendidikan, Pendapatan, kemudahan, dan Keputusan Warga
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Surya Irma Hayati sdri
Date Deposited: 07 Jun 2023 02:19
Last Modified: 07 Jun 2023 02:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19477

Actions (login required)

View Item View Item