IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN PADA PROGRAM SST (SISWA SANTRI TERPADU) MI MA'ARIF NU 1 KAJONGAN BOJONGSARI-PURBALINGGA

ERMAWATI, ERMAWATI (2023) IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN PADA PROGRAM SST (SISWA SANTRI TERPADU) MI MA'ARIF NU 1 KAJONGAN BOJONGSARI-PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ERMAWATI_IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN PADA PROGRAM SST (SISWA SANTRI TERPADU) MI MA'ARIF NU 1 KAJONGAN BOJONGSARI-PURBALINGGA - Copy.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Presentase umat muslim di Indonesia yang belum bisa membaca dan buta huruf akan Al-Qur’an masih sangat tinggi. Oleh karenanya perlu sekali menanamkan pembelajaran Al-Qur’an sejak masa kanak-kanak. Metode An-Nahdliyah merupakan metode pembelajaran Al-Qur’an yang cara penyampaiannya menggunakan stik sebagai titian murattal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran Al-Qur’an pada program SST (Siswa Santri Terpadu) MI Ma’arif NU 1 Kajongan Bojongsari-Purbalingga. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research), yang mana peneliti akan langsung terjun ke lapangan untuk mengumpulkan data dari objek-objek yang akan diteliti. Penelitian ini dikategorikan pada jenis penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran Al-Qur’an pada program SST (Siswa Santri Terpadu) MI Ma’arif NU 1 Kajongan Bojongsari-Purbalingga dikatakan diterapkan dan berhasil dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari segi penerapannya, yang terdiri dari 3 tahapan: tahap persiapan pembelajaran, tahap pelaksanaan pembelajaran, tahap evaluasi dan penutupan pembelajaran. Selain itu juga dapat dilihat dari cara membaca panjang pendek bacaan serta cara peserta didik mempelajari hukum bacaan-bacaan. Keberhasilan dalam pengimplementasian ini juga dapat dilihat dari hasil penilaian yang mengalami peningkatan sebanyak 7% dari semester 1 dengan perolehan rata-rata 75,56 dan semester 2 dengan perolehan rata-rata 81,04.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode An-Nahdliyah, Pembelajaran Al-Qur’an, SST (Siswa Santri Terpadu).
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1227 Pendidikan Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ermawati Ermawati
Date Deposited: 07 Jun 2023 01:46
Last Modified: 07 Jun 2023 01:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19475

Actions (login required)

View Item View Item