IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV C DI MIN 1 BANJARNEGARA

Khofifah, Yuliana (2023) IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV C DI MIN 1 BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
KHOFIFAH YULIANA_IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV C DI MIN 1 BANJARNEGARA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian mengenai implementasi metode bernyanyi ini dilatarbelakangi karena metode bernyayi memberikan perubahan dalam proses pembelajaran. Ketika pembelajaran dilakukan menggunakan metode ceramah, siswa merasa bosan dan mengantuk membuat siswa sulit untuk memahami materi yang diajarkan. Maka dari itu guru kelas IV C di MIN 1 Banjarnegara mulai menerapkan metode bernyanyi pada pembelajaran akidah akhlak agar siswa tidak merasa bosan. Selain itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk untuk mendapatkan gambaran mengenai penerapan metode bernyanyi di MIN 1 Banjarnegara, mulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, serta tahap evaluasi. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif atau disebut juga penelitian naturalistik. Adapun dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Lokasi penelitian bertempatan di MIN 1 Banjarnegara, dengan subjek penelitian kepala madrasah, guru kelas IV C, dan siswa kelas IV C. Setelah melakukan penelitian, didapatkan hasil bahwa dalam menggunakan metode bernyanyi langkah-langkah yang dilakukan guru mulai dari tahap perencanaan yang terdiri dari membuat RPP, menentukan nada lagu, membuat lirik lagu yang disesuaikan dengan materi. Tahap pelaksanaan guru membagikan lirik lagu pada siswa lalu memberikan contoh nyanyian, kemudian mengajak siswa bernyanyi bersama barulah guru memberikan beberapa soal sebagai evaluasi. Secara keseluruhan metode bernyanyi yang diterapkan oleh guru sudah sesuai dengan langkah-langkah dari metode bernyanyi, guru juga berhasil membuat suasana kelas menjadi menyenangkan dan siswa paham dengan materi yang disampaikan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang memperoleh nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM). Kata kunci : Metode Bernyanyi, Pembelajaran Akidah Akhlak, MIN 1 Banjarnegara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bernyanyi, Pembelajaran Akidah Akhlak, MIN 1 Banjarnegara
Subjects: 2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.4 Nabi dan Rasul
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khofifah Yuliana
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:35
Last Modified: 05 Jun 2023 01:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19448

Actions (login required)

View Item View Item