Qawa'id Fiqhiyyah Sebagai Epistemology Hukum Islam: Memperkokoh Nalar Metodologis dalam Kontekstualisasi Hukum Islam)

Ansori, Prof. Dr. H. Ansori, M.Ag. (2023) Qawa'id Fiqhiyyah Sebagai Epistemology Hukum Islam: Memperkokoh Nalar Metodologis dalam Kontekstualisasi Hukum Islam). Pidato Pengukuhan GB. t.p., Purwokerto. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Monograf_Pidato Pengukuhan GB Prof. Dr. H. Ansori, M.Ag._Qawa'id Fiqhiyyah sbg Epistemologi Hukum Islam.pdf - Presentation

Download (10MB) | Preview

Abstract

Ada dua alasan mengapa penulis memilih judul tersebut. Yang pertama, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pasti mengakibatkan berbagai macam persoalan, termasuk persoalan di bidang hukum yang sanat mungkin belum terdapat ketentuan atau jawabannya dalam nas (Al-Qur'an dan as-Sunnah) maupun dalam kitab-kitab fikih. Dalam menghadapi keterbatasan tersebut, maka perlu adanya metode untuk menemukan hukum baru, yang bisa dalam pengertian membuat ketentuan baru maupun dalam pengertian menafsirkan dengan cara yang baru sehingga menghasilkan produk hukum yang baru. Menurut penulis, qawa'id fiqhiyyah sebagai salah satu kekayaan keilmuan intelektual umat Islam masa lampau mampu berperan sebagai metode untuk menemukan hukum baru dalam dua pengertian tersebut. Kedua, produk-produk ijtihad (fikih) yang dihasilkan oleh ulama-ulama masa lampau, sangat mungkin sudah tidak relevan untuk masa sekarang, terutama yang di luar bidang ibadah mahdah. Oleh karena itu, perlu adanya kontekstualisasi (disesuaikan dengan konteks yang ada sekarang) yang menurut penulis, qawa'id fiqhiyyyah mampu dijadikan metode untuk melakukan kontekstualisasi tersebut.

Item Type: Monograph (Pidato Pengukuhan GB)
Uncontrolled Keywords: Qawa'id fiqhiyyah; epistemologi hukum Islam; kontekstualisasi hukum Islam
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.8 Fiqih dari Berbagai Faham/ Mazhab
Divisions: Doktoral (S3) Islamic Interdisiplinary
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 31 May 2023 04:18
Last Modified: 31 May 2023 04:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19427

Actions (login required)

View Item View Item