PENGARUH MUTU LAYANAN PENDIDIKAN, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KINERJA GURU TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP ISLAM TERPADU HARAPAN UMMAT PURBALINGGA

Musriah, Musriah (2023) PENGARUH MUTU LAYANAN PENDIDIKAN, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KINERJA GURU TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP ISLAM TERPADU HARAPAN UMMAT PURBALINGGA. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Musriah_PENGARUH MUTU LAYANAN PENDIDIKAN, KEPEMIMPINAN.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Salah satu tantangan yang dihadapi sekolah adalah bagaimana mengelola sebuah mutu. Mutu dilihat dari segi sarana prasarana penunjang mencukupi, pengajar dan karyawan yang professional, memiliki budaya organisasi yang kondusif, kepemimpinan yang berkualitas, pengelolaan keuangan terbuka. Mengelola suatu lembaga pendidikan diperlukan sistem layanan pendidikan yang bermutu, kepemimpinan kepala sekolah yang kompeten, kinerja guru yang professional diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar yang akhirnya memuaskan pengguna jasa atau siswa. Penelitian ini bertujuan : (1) Mengukur pengaruh yang signifikan mutu layanan pendidikan terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. (2) Mengukur pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. (3) Mengukur pengaruh yang signifikan kinerja guru terhadap motovasi dan prestasi belajar siswa. (4) Mengukur pengaruh yang signifikan mutu layanan pendidikan, kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru secara bersama–sama terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. (5) Mengukur seberapa pengaruh yang signifikan mutu layanan pendidikan, kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru secara bersama-sama terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMP Islam Terpadu Harapan Ummat Purbalingga. Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif, dengan pendekatan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket / kuesioner, wawancara, observasi, dokumentasi dan nilai akhir semester. Jumlah responden dalam penelitian ini yaitu 64 siswa. Analisis data yang di gunakan berupa analisis requeri linier berganda dengan bantuan perhitungan SPSS. Dari perhitungan diperoleh bahwa layanan pendidikan, kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru secara bersama – sama berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa di SMP Islam Terpadu Harapan Ummat Purbalingga. Hal ini di buktikan dengan uji F yang menghasilkan F hitung 27,543 > F table 2,76 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000 < 0, 05. Di peroleh mutu layanan pendidikan, kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru secara bersama - sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMP Islam Terpadu Harapan Ummat Purbalingga, dengan dibuktikan uji F hitung 36,723 > F table 2,76 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Kata kunci : Mutu Layanan Pendidikan, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Motivasi, dan Prestasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Mutu Layanan Pendidikan, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Motivasi, dan Prestasi Belajar Siswa.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Musriah Musriah sdri
Date Deposited: 29 May 2023 02:40
Last Modified: 29 May 2023 02:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19402

Actions (login required)

View Item View Item