Application of the Make a Match Model in Learning Arabic Mufradat

Sekar, Dwi Nur Aini and Nurfuadi, Nurfuadi (2023) Application of the Make a Match Model in Learning Arabic Mufradat. Edumaspul Jurnal Pendidikan. p. 768.

[img]
Preview
Text
5638-Article Text-10658-1-10-20230518 (1).pdf

Download (538kB) | Preview
Official URL: https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/vie...

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Arab terdapat empat kemampuan yang harus dipelajari dan dikuasai siswa, yaitu kemampuan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Untuk menguasai keempat keterampilan tersebut, salah satu upaya yang harus dilakukan adalah meningkatkan penguasaan mufradat atau kosa kata bahasa Arab, karena sangat membantu hasil belajar keempat keterampilan bahasa Arab tersebut. penerapan model Make A Match dalam pembelajaran bahasa Arab mufradat di MTs Muhammadiyah 09 Purbalingga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran mufrodat di MTs Muhammadiyah 09 Purbalingga guru melakukan pembelajaran dalam tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Kemudian dalam pelaksanaan pembelajaran mufradat guru menggunakan model Make a Match untuk membantu siswa memahami dan menghafal mufradat yang diberikan. Dengan menggunakan model ini menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan membuat siswa menjadi lebih aktif saat mengikuti kegiatan pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Make A Macth, Belajar Mufradat.
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 20 May 2023 03:03
Last Modified: 20 May 2023 03:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19366

Actions (login required)

View Item View Item