Pengalaman Keagamaan dalam Membangun Ketenangan Jiwa Santri Pengamal Ijazah Manakib (Studi Fenomenologi di Pondok Pesantren Anwaarul Hidayah Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas)

Zidan, Abid Maulana (2023) Pengalaman Keagamaan dalam Membangun Ketenangan Jiwa Santri Pengamal Ijazah Manakib (Studi Fenomenologi di Pondok Pesantren Anwaarul Hidayah Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Zidan Abid Maulana_Pengalaman Keagamaan dalam Membangun Ketenangan Jiwa Santri Pengamal Ijazah Manakib (Studi Fenomenologi di Pondok Pesantren Anwaarul Hidayah Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas).pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Manusia merupakan makhluk yang terdiri atas dua aspek penting dalam dirinya yaitu jasmani dan rohani, yang selama hidupnya harus senantiasa dipelihara dengan baik. Salah satu hal yang dipandang dapat memelihara kesehatan jiwa adalah agama. Namun agar dapat mewujudkan jiwa yang sehat dan tenang, setiap aktivitas keeagamaan yang dilakukan haruslah menjadi sebuah rutinitas dan kebiasaan. Salah satu aktivitas keagamaan yang cukup menarik adalah pengamalan manakib yang cukup kental dengan aspek religius. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui bagaimana pengalaman keagamaan dalam membangun ketenangan jiwa santri yang menjadi Pengamal Ijazah Manakib Syekh Abdul Qodir Jailani di Pondok Pesantren Anwaarul Hidayah Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keragaman pengalaman keagamaan yang dirasakan oleh para santri yang mengamalkan ijazah manakib. Diantarnya santri mengalami setiap urusan dan hajatnya dipermudah, merasa lebih dekat dengan Allah, mereka juga mengalami pengalaman takjub seperti diberikan anugerah, selain itu mereka juga merasakan pengalaman takut apabila tidak istiqomah mengamalkan manakib. Kemudian santri yang mengamalkan ijazah manakib juga merasakan perubahan pada ketenangan jiwa ke arah yang lebih baik, sehingga diketahui juga bahwa pengamalan manakib yang dilakukan dapat membangun ketenangan jiwa bagi para pengamalnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman Keagamaan, Ketenangan Jiwa, Ijazah, Manakib
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.1 Filsafat > 2x7.15 Psikologi Agama Islam
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Zidan Abid Maulana
Date Deposited: 06 May 2023 01:49
Last Modified: 06 May 2023 01:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19307

Actions (login required)

View Item View Item