Personal Branding dan Kekuasaan Bupati Banyumas Studi Hermeneutik Paul Riceour pada Akun Instagram @ir_achmadhusein

Fahrul, Rojik (2023) Personal Branding dan Kekuasaan Bupati Banyumas Studi Hermeneutik Paul Riceour pada Akun Instagram @ir_achmadhusein. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fahrul Rojik_Personal Branding dan Kekuasaan.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fahrul Rojik NIM. 1617102059 [email protected] ABSTRAK Di era kemajuan teknologi dan keterbukaan informasi, media sosial lahir sebagai platform yang berkembang pesat. Kini masyarakat menjadikan media sosial sebagai kebutuhan, sumber ataupun rujukan informasi yang mudah dan cepat. hal tersebut sangat membantu personal branding para aktor politik, dan pemegang kekuasaan. Personal branding menjadi modalitas utama dalam menjalankan kekuasaan. Hal itu terlihat dilakukan oleh Ir. Achmad Husein Bupati Banyumas, melalui akun instagram yang dimilikinya ia mampu menarik perhatian public. Namun demikian, pesan yang disampaikan melalui instagram menimbulkan ambiguitas makna bagi penerima pesan. Dengan menggunakan Teori Hermeneutik Paul Riceour, penelitian ini terfokus pada makna pesan yang disampaikan oleh Bupati Banyumas. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Pengambilan data oleh peneliti bukan dalam bentuk angka, melainkan berupa gambar dan kata- kata hasil pengamatan konten yang ada dalam akun Instagram @ir_achmadhusein. Melalui kajian Hermeneutik Simbol oleh Paul Riceour penelitian ini menghasilkan makna dari personal branding dan kekuasaan yakni pola kepemimpinan yang digunakan Bupati Banyumas pada akun Instagram @ir_achmadhusein, adalah pola kepemimpinan situasional. Adapun jenis kekuasaan yang dibangun dalam instagram Bupati Banyumas adalah jenis kekuasaan reward power atau pemberian penghargaan. Personal branding yang hebat akan membentuk kekuasaan yang hebat pula. Hal itu dibuktikan oleh Achmad Husein melalui instagram. Dengan membangun pola kepemimpinan yang situasional dan jenis kekuasaan reward power menunjukan bahwa instagram menjadi media yang representatif bagi pemimpin untuk membangun citra dan kuasaya. Kata kunci : Personal Branding, Kekuasaan, Media Sosial, Hermeneutika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Kekuasaan, Media Sosial, Hermeneutika
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.2 Politik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fahrul Rojik
Date Deposited: 26 Apr 2023 08:48
Last Modified: 26 Apr 2023 08:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19272

Actions (login required)

View Item View Item