MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI REFERRAL DI SEKOLAH ALAM PERWIRA PURBALINGGA

Syaeful, Anwar (2023) MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI REFERRAL DI SEKOLAH ALAM PERWIRA PURBALINGGA. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SYAEFUL ANWAR_MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI REFERRAL DI SEKOLAH ALAM PERWIRA PURBALINGGA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penerimaan peserta didik baru merupakan salah satu kegiatan inti dalam memulai proses belajar mengajar. Melakukan asesmenpada calon peserta didik baru dapat mendeteksi sejak dini anak berkebutuhan khusus (ABK) pada proses penerimaan peserta didik baru. Anak berkebutuhan khusus (ABK) yang tidak terdeteksi sejak dini maka saat pembelajaran di sekolah biasanya akan cenderung tidak bisa mengikuti seperti teman-temannya karena anak berkebutuhan khusus (ABK) memerlukan penanganan yang khusus. Alih tangan kasus (referal)kepada psikolog merupakan salah satu solusi guna mendeteksisejak dini anak berkebutuhan khusus (ABK) pada proses penerimaan peserta didik baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosespenerimaan peserta didik baru, mengetahui proses alih tangan kasus (referral) dan mengetahui tindak lanjut pasca alih tangan kasus (referral). Jenis penelitianian ini termasuk ke dalam penelitian lapangan yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Subjek dalam penelitian ini adalah pendiri sekolah, guru koordinator PPDB dan guru koordinator ABK. Dalam melakukan pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap perencanaan PPDB Sekolah Alam Perwira Purbalingga meliputi menentukan strategi PPDB, menentukan kriteria PPD dan menentukan strategi publikasi PPDB. Sedangkan prosedur PPDB yang dilaksanakan oleh Sekolah Alam Perwira Purbalingga meliputi pembentukan panitia PPDB, rapat penentuan peserta didik baru, pembuatan dan pemasangan pengumuman PPDB, pendaftaran peserta didik baru, seleksi peserta didik baru, referral psikolog, penentuan dan pengumuman peserta didik baru yang diterima dan daftar ulang. Pelaksanaan referral di Sekolah Alam Perwira Purbalingga terdiri dari, tahap perencanaan referral, pelaksanaan referral dan tindak lanjut pasca referral.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: penerimaan peserta didik baru, anak berkebutuhan khusus, referral
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Syaeful Anwar sdr
Date Deposited: 26 Apr 2023 04:09
Last Modified: 26 Apr 2023 04:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19250

Actions (login required)

View Item View Item