TAFSIR AYAT-AYAT AKIDAH DALAM PERSPEKTIF NASARUDDIN UMAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN INKLUSIF

Mochammad Sidqi, Awaliya Rahman (2023) TAFSIR AYAT-AYAT AKIDAH DALAM PERSPEKTIF NASARUDDIN UMAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN INKLUSIF. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
[REPOSITORI] MOCHAMMAD SIDQI - TAFSIR AYAT AYAT AKIDAH DALAM PERSPEKTIF NASARUDDIN UMAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PEND INKLUSIF.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis ini mengkaji tentang tafsir ayat-ayat akidah Nasaruddin Umar, khususnya dalam kerangka untuk menemukan dimensi dan paradigma inklusivisme dalam penafsiran Al-Qur’an, dan relevansinya dengan pendidikan inklusif. Dalam pelaksanaannya, tantangan pendidikan inklusif terwujud dalam dua bentuk; Pertama, strategi pembelajaran yang masih bersifat doktriner. Kedua, metodologi penafsiran yang cenderung tertutup, eksklusif, tekstual, monoperspektif, & menutup ruang dialog sehingga menghasilkan tafsir yang eksklusif, radikal, dan tradisionalis. Melalui penelitian ini, penulis bermaksud mencari dimensi inklusivisme di dalam Al-Qur’a>n melalui perspektif Nasaruddin Umar, sekaligus relevansinya di dalam pendidikan inklusif. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi (content analisys), dengan pendekatan ilmu tafsir. Referensi yang digunakan dalam bentuk buku dan artikel yang relevan dijadikan sebagai sumber sekunder, dan wawancara (library research). Penelitian ini menemukan hasil bahwa terdapat dimensi inklusivisme di dalam penafsiran atas ayat-ayat akidah perspektif Nasaruddin Umar, khususnya pada tawaran 4 tema utama; Islam rahmatan li al-’alamin, Islam toleran, Islam menghormati Hak Asasi Manusia (HAM), dan Isla>m emansipatoris, sekaligus tawaran metodologi penafsiran Al-Qur’a>n yang bersifat terbuka, dialogis, dan komprehensif sebagai bangunan tafsir Al-Qur’an. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat relevansi antara tafsir ayat-ayat akidah dalam perspektif Nasaruddin Umar dengan pelaksanaan pendidikan inklusif, yang dibangun di atas dasar pelaksanaan pendidikan inklusif berupa pendekatan pembelajaran dan implikasi kontekstualnya di dalam merumuskan strategi pembelajaran yang tepat. Kata Kunci: Tafsir Al-Qur’an, Pendidikan Inklusif, Relevansi, dan Strategi Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tafsir Al-Qur’an, Pendidikan Inklusif, Relevansi, dan Strategi Pembelajaran.
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1227 Pendidikan Al Qur'an
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.01 Filsafat, Teori, Metodologi Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.6 Kandungan Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mochammad Sidqi Awaliya Rahman sdr
Date Deposited: 26 Apr 2023 03:57
Last Modified: 26 Apr 2023 03:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19244

Actions (login required)

View Item View Item