PERLINDUNGAN HUKUM BAGI ANAK KORBAN KEKERASAAN DALAM RUMAH TANGGA BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN PURBALINGGA NOMOR 1 TAHUN 2020 (Studi Kasus Polres Kabupaten Purbalingga)

ANTIK, AZIZAH (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI ANAK KORBAN KEKERASAAN DALAM RUMAH TANGGA BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN PURBALINGGA NOMOR 1 TAHUN 2020 (Studi Kasus Polres Kabupaten Purbalingga). Skripsi thesis, UIN Prof K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ANTIK AZIZAH-PERLINDUNGANHUKUM BAGI ANK KORBAN KEKERASAAN DALAM RUMAH TANGGA BERDASARKAN PADA PERATURAN DAERAH KABUPATEN PURBALINGGA NO 1 TAHUN 2020 (STUDI KASUS DI POLRES KABUPATEN PURBALINGGA).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kasus kekerasan pada anak di Purbalingga semakin meningkat kekerasaan pada anak ini pelakunya adalah keluarga kerap kali memberikan kekerasan pada anak, akibat dari kekerasaan yang diterima oleh anak akan berdampak panjang pada anak maka dengan ini perlindungan hukum bagi anak korban kekerasaan diperlukan untuk melindungi hak-hak anak, maka dengan ini penulis tertarik untuk meneliti lebih jauh tentang perlindungan hukum bagi anak korban KDRT yang dilakukan oleh Polres Purbalingga berdasarkan pada Perda Kabupaten Purbalingga No 1 tahun 2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung, pendekatan penelitian menggunakan metode pendekatan yuridis menyangkut peraturan yang dipakai dalam perlindungan anak. Data primer di dapatkan dari proses wawancara langsung dengan kepolisian unit PPA Polres Kabupaten Purbalingga sedangkan data Sekunder dari penelitian ini di dapatkan dari didapatkan dari peraturan perundang-undangan, buku-buku, jurnal-jurnal serta pendapat dari para pakar hukum. Implementasi perlindungan hukum bagi anak korban KDRT dalam penanganannya Unit PPA Polres Purbalingga sudah sesuai dengan Perda Kabupaten Purbalingga No 1 Tahun 2020 yang dijelaskan di dalam Pasal 14. Tugas unit PPA Polres Kabupaten Purbalingga ditugaskan dalam tindakan perlindungan sebagai penyidik, Perlindungan hukum yang dilakukan oleh kepolisian Unit PPA Polres Purbalingga yang bertugas sebagai penyidik telah sesuai dengan Perda Kabupaten Purbalingga No 1 Tahun 2020 Pasal 26 kepolisian akan bergabung tim HARAPAN yang yang mana ketentuan dalam perlindungan telah sesuai dalam bidang nyA sebagai bidang layanan bantuan dan penegakan hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Perlindungan Anak, Kekerasaan Dalam Rumah Tangga, kdrt
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 346 Private law (perdata)
300 Social sciences > 340 Law > 346 Private law (perdata) > 346.01 Marriage law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Antik Azizah
Date Deposited: 26 Apr 2023 03:08
Last Modified: 26 Apr 2023 03:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19240

Actions (login required)

View Item View Item