PERTIMBANGAN HUKUM HAKIM PADA SAKSI TESTIMONIUM DE AUDITU DALAM PERKARA ISBAT NIKAH PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI PUTUSAN NO 0127/PDT.P/2020/PA.PWT)

NALA NURUL, FATIMAH (2023) PERTIMBANGAN HUKUM HAKIM PADA SAKSI TESTIMONIUM DE AUDITU DALAM PERKARA ISBAT NIKAH PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI PUTUSAN NO 0127/PDT.P/2020/PA.PWT). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NALA NURUL FATIMAH_PERTIMBANGAN HUKUM HAKIM PADA SAKSI TESTIMONIUM DE AUDITU DALAM PERKARA ISBAT NIKAH PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI PUTUSAN NO 0127,PDT.P.2020.PA.PWT).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam hal peristiwa Isbat Nikah ini merupakan kejadian nikah yang sudah sangat lama, oleh karenanya orang menikah pada saat itu belum adanya pencatatan di Kantor Urusan Agama (KUA) untuk pembuatan akta nikah, maka keluarga itu tidak memiliki bukti terhadap pernikahan mereka. Kemudian mereka dapat memberikan dalil-dalil permohonannya hanya dapat menghadirkan saksi testimonium de auditu. Penelitian ini untuk mencari tahu bagaimana pertimbangan hakim pada saksi testimonium de auditu dalam perkara Isbat Nikah Studi Putusan No 0127/Pdt.P/2020/PA.PWT. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini meggunakan pendekatan kasus (case approach) yaitu penelitian yang mendalam tentang alasan-alsan hukum yang digunakan oleh hakim untuk sampai putusanya. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode studi pustaka, studi dokumentasi. Sumber data primer berasal salinan Putusan Pengadilan Agama Purwokerto Nomor 0127/Pdt.P/2020/PA.PWT. Sedangkan sumber data sekunder diambil dari buku-buku, artikel, jurnal, maupun karya ilmiah, dan yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kesaksian testemonium de auditu dalam kasus Ibat Nikah bisa di terima. kesaksian tersebut dikontruksikan secara eksepsional dan dalam Islam sendiri testimonium de auditu sama dengan istifadah.Jika menurut dua ulama yaitu Abu Hanifah dan Ibnu Qayyim, penerapan istifadah bisa dijadikan sebagai salah satu pertimbangan hukum hakim dalam memutus kasus Isbat Nikah, karena istifadah bisa diterapkan pada kasus Isbat Nikah, maka penerapan testimonium de auditu bisa dijadikan salah satu pertimbangan hukum, atau kesaksiannya bisa diterima oleh hakim. Selaras dengan kesimpulan yang diperoleh maka disarankan untuk Peradilan Agama untuk dapat menerima saksi de auditu dengan ketentuan dan syarat yang terpenuhi serta sesuai dengan syaha<dah istifadah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Testimonium De Auditu, Isbat Nikah, Hukum Islam, Pertimbangan Hakim
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.31 Nikah (Nasab, RUkun, Akad, Maskawin, Mut'ah dll)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Nala Nurul Fatimah sdri
Date Deposited: 26 Apr 2023 03:47
Last Modified: 26 Apr 2023 03:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19235

Actions (login required)

View Item View Item