SELF-EFFICACY DALAM MENGATASI VERBAL ABUSE DI KELUARGA BROKEN HOME (Studi Kasus 3 Mahasiswi UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Angkatan 2019)

Ayumeilinda, Sofyanafi Hapsari (2023) SELF-EFFICACY DALAM MENGATASI VERBAL ABUSE DI KELUARGA BROKEN HOME (Studi Kasus 3 Mahasiswi UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Angkatan 2019). Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skrispi Wisuda.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Broken home adalah keadaan keluarga yang tidak mengarah pada keharmonisan, kerukuran, dan kenyamanan keluarga, yang disebabkan oleh beberapa alasan seperti perceraian, kematian salah satu orangtua, atau perpisahan lainnya, dan menyebabkan keluarga tersebut terpisah. Dampak dari broken home salah satunya yaitu emosi yang tidak stabil, terutama bagi orangtuanya, yang menimbulkan adanya pelampiasan emosi dalam bentuk verbal abuse kepada anaknya. Oleh sebab itu, dibutuhkanlah self-efficacy demi mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bentuk-bentuk verbal abuse dan self-efficacy 3 mahasiswi Bimbingan dan Konseling Islam dalam mengatasi verbal abuse di keluarga broken home. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisa data menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Bentuk-bentuk verbal abuse yang dilakukan oleh keluarga dari ketiga informan umumnya yaitu intimidasi, mengecilkan harga diri, dan kebiasaan mengkambinghitamkan anak. Bentuk tindakan dari self-efficacy ketiga informan dalam mengatasi verbal abuse yaitu umumnya dengan cara curhat ke orang yang dipercaya, menghindar, dan memperbaiki kesalahan. Hasil penelitian menggambarkan bahwa ketiga informan memiliki self-efficacy yang baik dalam mengatasi bentuk-bentuk verbal abuse dari keluarganya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self-efficacy, Verbal Abuse, Broken Home
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
Depositing User: Ayumeilinda Sofyanafi Hapsari
Date Deposited: 26 Apr 2023 03:46
Last Modified: 26 Apr 2023 03:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19226

Actions (login required)

View Item View Item