STRATEGI COPING MAHASISWA YANG BERSTATUS MENIKAH DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS JENDRAL SOEDIRMAN

ViVI, NUR HIDAYANTI (2023) STRATEGI COPING MAHASISWA YANG BERSTATUS MENIKAH DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS JENDRAL SOEDIRMAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Vivi Nur Hidayanti_Stretegi Coping Mahasiswa Yang Sudah Menikah Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Jendral Soedirman.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi sebagai langkah puncak dari pendidikan tinggi, sangat penting bagi keberhasilan lulusan. Namun, bisa jadi sangat sulit bagi mahasiswa yang sudah menikah untuk menyeimbangkan tanggung jawab mereka di rumah dengan kewajiban akademis mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mahasiswa yang sudah menikah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman menghadapi tantangan yang mereka hadapi saat menulis skripsi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa dengan status aktif dan sedang proses mengerjakan skripsi pada angkatan 2014 dan 2015 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis interaktif dan validitas data menggunakan triangulasi data sumber. Beberapa kesimpulan dapat ditarik dari temuan penelitian ini. Kurangnya fokus pada masa depan merupakan hambatan internal. Kecenderungan untuk bermalas-malasan membuat mereka sulit untuk membuat kemajuan dalam Skripsi mereka dan pada akhirnya menghambat proses penulisan. Keadaan anggaran yang kurang mendukung dan kesulitan dalam menemukan sumber buku untuk digunakan sebagai landasan akademis adalah dua hambatan eksternal yang paling signifikan. Selanjutnya, kemampuan untuk menyusun rencana untuk mengatasi hambatan dalam keberhasilan akademik sangatlah penting. Kemampuan untuk mengantisipasi masalah, berpikir kritis, dan bekerja secara kompeten sangat penting untuk mencapai tujuan. Mahasiswa yang sedang menyusun skripsi dapat mengambil manfaat dari mencari sumber referensi atau sumber literatur yang memadai, membuat komitmen diri dan bersiap untuk semua dampaknya, dan meminta bantuan orang lain untuk mengatur dan juga membantu kelancaran skripsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, Strategi Coping, Skripsi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.38 Pendidikan Tinggi > 2x7.388 Mahasiswa
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Vivi Nur Hidayanti sdri
Date Deposited: 26 Apr 2023 03:41
Last Modified: 26 Apr 2023 03:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19222

Actions (login required)

View Item View Item