PENGEMBANGAN LIFE SKILL DALAM MENINGKATKAN RESILIENSI SANTRI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA PESAWAHAN KEC. RAWALO KAB. BANYUMAS

Aghwa, Nurul Aeni (2023) PENGEMBANGAN LIFE SKILL DALAM MENINGKATKAN RESILIENSI SANTRI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA PESAWAHAN KEC. RAWALO KAB. BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Aghwa Nurul Aeni 1717104002.pdf

Download (685kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pondok pesantren Miftahul Huda Pesawahan selain mengajarkan teori santri juga diajarkan praktik, baik dalam ibadah maupun dalam berbagai bidang lainnya, terutama pengajaran atau pelatihan kecakapan hidup (life skill). Pengembangan life skill merupakan upaya mengembangkan peserta didik atau santri dalam mengembangkan kemampuan berfikir, menghilangkan kebiasaan yang tidak sesuai, dan mengembangkan potensi diri untuk dapat memecahkan masalah kehidupan secara konstruktif, inovatif, dan kreatif sehingga dapat menghadapi kenyataan kehidupan dengan baik secara lahiriah maupun batiniah. Dalam hal ini yang akan diperluas, ditingkatkan atau diubah adalah potensi yang ada pada diri santri untuk mencapai keadaan yang lebih lengkap, lebih besar, atau lebih baik dari keadaan sebelumnya sehingga menjadi pribadi yang lebih resilien. Dengan adanya BLKK Miftahul Huda dan BLKK PP Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Miftahul Huda Pesawahan untuk memberi tambahan peningkatan kompetensi serta bekal dalam dunia pekerjaan dan dalam bermasyarakat. Penelitian ini ingin menjawab bagaimana pengembangan life skill dalam meningkatkan resiliensi santri. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yakni penelitian yang menggali data dari lapangan dengan mewawancarai narasumber. Pendekatan penelitiannya menggunakan metode kualitatif yakni sebagai suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa tertulis maupun lisan dari seseorang yang perlakuannya dapat diamati.. Subyek penelitian ini dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan analisis data kualitatif dengan model interaksi Miles dan Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah : upaya pengembangan life skill dalam meningkatkan resiliensi santri di pondok pesantren Miftahul Huda Pesawahan yakni melalui beberapa kecakapan adalah sebagai berikut: Kecakapan Personal (Personal Skill), Kecakapan Sosial (Social Skill), Kecakapan Akademik (Academic Skill), dan Kecakapan Vokasional (Vocasional Skill). Kata Kunci: Pengembangan Life Skill, Santri, Resiliensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Life Skill, Santri, Resiliensi.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Sdri Aghwa Nurul Aeni
Date Deposited: 24 Apr 2023 21:00
Last Modified: 24 Apr 2023 21:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19190

Actions (login required)

View Item View Item