IMPLEMENTASI TEORI EKOLOGI BRONFENBRENNER DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs. PAKIS CILONGOK

Muhamad, Farhan Syarofi (2023) IMPLEMENTASI TEORI EKOLOGI BRONFENBRENNER DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs. PAKIS CILONGOK. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FARHAN SYAROFI_Implementasi Teori Ekologi Bronfenbrenner Dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa MTs Pakis Cilongok.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Telaah dalam membangun motivasi belajar melalui local wisdom dengan menggunakan program belajar berbasis agroforestry merupakan sebuah terobosan dalam bidang pendidikan sebagai bentuk implementasi teori ekologi Bronfenbrenner. Kegiatan ini dilakukan dengan adanya pengamatan mendalam mengenai lingkungan sekitar guna mendukung jalannya program pembelajaran yang dilakukan bersadarkan pengaruh lingkungan hidup para siswa terhadap perilaku keseharian mereka serta dorongan akan bertindak yang tampil dalam diri maupun dari luar diri mereka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di MTs. PAKIS Cilongok dengan Subjek Kepala Sekolah dan Siswa-siswinya. Adapun analisis data dilakukan menggunakan reduksi, display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) MTs. PAKIS cilongok memanfaatkan lingkungan Desa dan Hutan sebagai media belajar, latar belakang sosial masyarakatnya sangat mempengaruhi motivasi belajar siswa-siswi MTs. PAKIS dan Kode Etik Siswa berguna sebagai Resinforcement (penguatan); (2) Implementasi Teori Ekologi Bronfenbrenner dalam membangun motivasi belajar siswa di MTs. PAKIS Cilongok diawali dengan menyusun sekolah sebagai setting Ekosistem serta menjalankan sistem pendidikan berbasis ekologi guna meningkatkan motivasi belajar siswa; dan (3) Indikator meningkatnya motivasi belajar siswa MTs. PAKIS Cilongok ditunjukan dengan antusiasme mereka dalam setiap program kegiatan yang dilaksanakan serta semangat belajar mereka dalam mengatasi keterbatasan. Kata Kunci: Ekologi, Bronfenbrenner, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekologi, Bronfenbrenner, Motivasi Belajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 305 Social groups
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: MUHAMAD FARHAN SYAROFI sdr
Date Deposited: 24 Apr 2023 05:41
Last Modified: 24 Apr 2023 05:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19165

Actions (login required)

View Item View Item