BĀDĪUZZAMĀN SA ̒ĪD NŪRSĪ: BIOGRAFI DAN PERANNYA DALAM PERLAWANAN TERHADAP REZIM SEKULERISME ATATURK DI TURKI (1877-1960 M)

Hani Fatur, Rosidah (2023) BĀDĪUZZAMĀN SA ̒ĪD NŪRSĪ: BIOGRAFI DAN PERANNYA DALAM PERLAWANAN TERHADAP REZIM SEKULERISME ATATURK DI TURKI (1877-1960 M). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Hani Fatur Rosidah_Badiuzzaman Said Nursi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana pengaruh dan usaha- usaha yang dilakukan oleh Bādīuzzamān Sa ̒ īd Nūrsī dalam melawan rezim sekulerisme yang dijalankan oleh Musṭafa Kemal Ataturk. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kepustakaan (Library Research). Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penulisan sejarah yang memuat empat tahapan (heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi). Adapun teori yang digunakan adalah teori biografi menurut Safari Daud dan teori peran oleh Soejono Soekanto. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Sa ̒ īd Nūrsī lahir di Desa Nurs pada tahun 1877 M dengan nama Sa ̒ īd bin Mirza, yang kemudian mendapat julukan Bādīuzzamān (keajaiban zaman) sehingga lebih terkenal dengan sebutan Bādīuzzamān Sa ̒īd Nūrsī. Bādīuzzamān Sa ̒īd Nūrsī merupakan ulama sufi yang sangat masyhur di Turki. Peran Sa ̒ īd Nūrsī dalam melawan rezim sekulerisme tersebut terbagi menjadi dua macam cara, yaitu yang pertama melalui bidang pendidikan keagamaan yang outputnya berupa Risālāh al-Nūr. Kedua, dengan melalui bidang politik yang outputnya berupa Gerakan Nursiyah. Pergerakan Islam tersebut menjadi yang pertama kali dalam melawan serta berkonfrontasi dengan negara sekuler Turki setelah runtuhnya Dinasti Turki Utsmani atau masa pemerintahan Musṭafa Kemal Ataturk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bādīuzzamān Sa ̒īd Nūrsī, Sekulerisme, Musṭafa Kemal Ataturk
Subjects: 2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.6 Perkembangan Islam di berbagai negeri setelah 1800
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Hani Fatur Rosidah sdri
Date Deposited: 23 Apr 2023 16:09
Last Modified: 23 Apr 2023 16:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19132

Actions (login required)

View Item View Item