PENGAMBILAN PANJAR ATAS PEMBATALAN SEWA PERLENGKAPAN HAJATAN PADA LINDU AJI PROPERTY KARENA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH

Bayu, Indriyana Mulia (2023) PENGAMBILAN PANJAR ATAS PEMBATALAN SEWA PERLENGKAPAN HAJATAN PADA LINDU AJI PROPERTY KARENA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
BAYU INDRIYANA MULIA_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam bermuamalah ini banyak sekali aturan serta ajaran yang telah diatur dalam syari’ah, salah satunya adalah tentang ijārah atau sewa menyewa. Seperti pada Lindu Aji Property beralamat Di Desa Badamita Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara yang menyediakan perlengkapan hajatan untuk di sewakan dengan sistem panjar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap pengambilan panjar atas pembatalan sewa perlengkapan hajatan karena adanya pandemi Covid-19. Penelitian yang penulis akan lakukan dalam karya ilmiah ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research), dengan pendekatan penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan normatif-sosiologis, pada dasarnya adalah penggabungan antara pendekatan normatif dengan adanya sebagai penambahan unsur sosiologis yaitu untuk mengidentifikasi keadaan sosial. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara, kemudian dilanjutkan dengan penganalisaan data yang menghasilkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa uang panjar terdapat dalam pasal 1464 KUHPerdata. Pengembalian uang panjar dimasa pandemi ini, merupakan upaya itikad baik dari pihak Lindu Aji Property. Akad ija>rah yang digunakan oleh Lindu Aji Property adalah ija>rah manfaat (al-ija>rah ‘ala al-manfa’ah). Musta’jir yaitu pemilik Lindu Aji Property, Mu’jir yaitu penyewa, Objeknya (ma’qud alaih) adalah perlengkapan hajatan. Al-'urbu>n dalam praktek sewa yang dilakukan oleh Lindu Aji Property diperbolehkan. Tujuan dari adanya uang panjar dilakukan sebagai tanda jadi keseriusan dan komitmen bersama dan modal awal bagi Lindu Aji Property. Pembatalan sewa bukan terjadi karena adanya cacat yang menghalangi manfaat dari ma’qud ‘alaih (objek sewa) tetapi adanya sebuah kondisi dimana sewa harus dibatalkan yaitu adanya Covid-19. Kata kunci: Panjar, pembatalan sewa dan Ija>rah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: uang panjar, sewa menyewa, pandemi covid-19, hukum ekonomi Syariah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam (Ariyah, Riba, Sewa, Hiwalah, Rahn, Jialah, Asuransi, Dhoman)
Depositing User: Bayu Indriyana Mulia
Date Deposited: 23 Apr 2023 15:58
Last Modified: 23 Apr 2023 15:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19125

Actions (login required)

View Item View Item